Budidaya Ikan Mas!! Prospek Bisnis Jutaan Rupiah

By on December 31, 2014 | Artikel ini Sudah di baca 2,405 kali
Budidaya Ikan Mas!! Prospek Bisnis Jutaan Rupiah

Inspirasi – Jika Anda hidup di Jawa Timur, mungkin Anda jarang melihat ikan mas di warung-warung pinggir jalan. Tetapi jika Anda melihat di Jawa Tengah atau Jawa Barat banyak sekali warung-warung yang menyajikan di warung makanan. Tetapi prospek budidaya ikan mas tidak hanya untuk makanan, juga bisa untuk ikan hias. Nah, ini adalah beberapa budidaya ikan mas yang cocok untuk para pebisnis.

Prospek bisnis yang luas

Seperti yang dijelaskan diawal, prospek bisnis budidaya ikan mas salah satunya adalah prospek penjualannya yang luas. Ikan mas tentu bisa dijadikan peliharaan rumahan, warnanya yang bagus dan cepat tumbuh. Ikan mas yang berukuran kecil adalah idola bagi anak-anak, karena harganya yang murah. Untuk orang dewasa, memilihara ikan mas juga dapat dijadikan hobi.

Selain jadi ikan hias, ikan mas dapat dijadikan makanan. Untuk sekedar informasi, ikan mas adalah makanan khas sunda. Di Jawa Barat, ikan mas dapat dengan mudah Anda temui di warung-warung pinggir jalan. Tidak hanya di Jawa Barat, beberapa tempat di Kalimantan, Sulawesi dan Sumatera, ikan mas justru sangat digemari. Jika Anda berada di Jawa Timur yang jarang ada warung yang menyajikan ikan mas, Anda bisa menjual ke swalayan atau pasar ikan.

Harga jual yang mahal, bibit maupun dewasa

Anda tahu harga dari ikan mas kecil berukuran 4-10 cm? sekitar 2ribu per ekor. Sangat murah bukan, tetapi bandingkan dengan ikan mas yang sudah dewasa. Harga ikan mas dewasa bisa sampai 20ribu perekor. Anda tidak hanya bisa menjual ikan mas, tetapi juga menjual bibit ikan mas. Walaupun harga bibit ikan mas cukup murah, tetapi Anda bisa menjual ikan mas dengan harga yang cukup mahal.

Cara budidaya yang cukup mudah

Sama dengan budidaya ikan lain, budidaya ikan mas cukup mudah. Anda harus membuat kolam yang jernih dan tidak terlalu keruh. Lalu, Anda membuat kolam dengan air yang mengalir serta memberi makan dengan teratur. Kemudian, Anda dapat memanen ikan mas hanya dalam waktu 8 bulan.

Pembibitan ikan mas juga cukup mudah

Pembibitan ikan mas juga sangat mudah, Anda bisa menyendirikan ikan mas jantan dan betina untuk pembibitan. Setelah itu Anda bisa membiarkan bibit-bibit ikan mas tersebut tumbuh dengan sendirinya, karena bibit ikan mas bisa berkembang bersama induknya. Tunggu selama sebulan, Anda bisa memisahkan bibit ikan mas dengan induknya.

Dari hobi bisa menjadi bisnis

Banyak sekali para penggemar ikan menjadikan ikan mas untuk ikan hias. Misalnya Anda sudah sering memelihara ikan mas, Anda tentu tidak perlu beradaptasi dengan ikan mas terlebih dahulu dan sudah mengetahui prospek budidaya ikan mas. Beberapa pebisnis ikan mas yang sukses dulunya adalah penghobi ikan mas.

Anda sekarang sudah mengerti bagaimana prospek budidaya mas dan bagaimana hobi dapat berkembang menjadi bisnis.

 

 

Sumber: studentpreneur.co