Bisakah Investasi Properti Dengan Modal Minim?

By on January 21, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 164 kali
Resiko dan Keuntungan Investasi Properti

Bisakah investasi properti dengan modal minim?

Jika Anda bertanya hal tersebut terhadap teman atau kolega yang tidak bergerak di bidang properti mungkin jawaban yang terdengar akan sangat bervariasi. Namun jawaban yang berbeda akan terdengar dari para ahli yang sudah terlebih dahulu terjun di bidang properti. Dalam hal ini, investasi properti dengan modal minim dapat dilakukan dengan beberapa metode seperti:

Posisi Anda dalam bisnis

Ketika Anda ingin menjalankan bisnis properti dengan modal minim, hal tersebut dapat dilakukan tergantung dari posisi yang Anda inginkan. Hal yang dimaksud disini adalah ketika Anda hanya bertindak sebagai agen pencari properti yang bekerjasama dengan pihak lain, tentunya modal yang dikeluarkan tidak akan lebih banyak dibanding jika Anda harus berjuang sendiri.

Jenis properti yang dipilih

Dalam bisnis properti juga terdapat faktor resiko dimana properti yang Anda pilih akan menjadikan harga belinya mahal atau standar. Oleh karena itu, jenis properti yang akan Anda jual setidaknya juga mempengaruhi nilai investasi yang harus ditanam untuk properti tersebut.

Sistem penjualan yang diterapkan

Ketika Anda ingin memulai bisnis properti besar modal yang dikeluarkan juga bergantung pada sistem penjualan yang diterapkan. Sebagai contoh ketika Anda ingin membeli beberapa kavling tanah untuk nantinya dijual kembali, maka besaran dana yang dikeluarkan harus disesuaikan dengan jumlah area kavling tanah dan lokasi, yang nantinya akan Anda kavling secara pribadi sebelum dijual kembali. Namun jika Anda hanya memiliki modal minim dan tidak mampu membeli sejumlah kavling tanah yang ada, Anda bisa menawarkan kerjasama dengan pemilik tanah dengan sistem bagi hasil yang disepakati kedua belah pihak.

Setelah memahami beberapa hal diatas, untuk merealiasasikan bisnis di bidang properti agar berlangsung lancar, ada beberapa hal yang perlu dilakukan diantaranya:

Berburu properti strategis

Meski hanya bermodal minim, Anda harus mulai berburu properti strategis yang sekiranya akan memberikan Anda keuntungan berlipat ketika nanti Anda menjualnya. Namun demikian, ada beberapa hal terkait kriteria lahan atau properti strategis yang pastinya perlu dipenuhi agar nantinya proses penjualan berlangsung lancar tanpa ada masalah di kemudian hari, seperti sertifikat yang lengkap, jenis bangunan yang sekiranya dapat didirikan diatas tanah (jika yang diincar adalah tanah kavling), total luas bangunan, dan manfaat bangunan.

Membangun sistem relasi

Ketika Anda adalah orang yang baru di bidang properti, pelajari bagaimana cara mengembangkan pangsa pasar yang ada dan jangan lupa untuk membangun relasi. Semakin banyak relasi yang Anda miliki khususnya yang bergerak di bidang properti maka akan semakin banyak peluang tercipta untuk Anda dalam memasarkan properti yang tersedia.

Metode pemasaran

Ketika Anda tidak memiliki modal banyak untuk mendirikan perusahaan properti, Anda juga dapat bertindak sebagai agen yang bekerjasama dengan perusahaan properti tertentu, namun pastikan Anda memiliki hak yang sama untuk memasarkan produk properti yang Anda miliki. Jika modal yang dimiliki minim, Anda bisa memanfaatkan media online untuk memasarkan produk yang Anda miliki dan meminta bantuan pada teman-teman Anda untuk mengarahkan siapapun konsumen yang sedang membutuhkan properti untuk berkonsultasi dengan Anda. Dengan demikian, Anda tidak akan perlu modal banyak untuk mengembangkan pasar yang Anda miliki. Semoga dengan pemahaman diatas, Anda bisa memiliki jawaban pasti akan pertanyaan bisakah investasi properti dengan modal minim yang terngiang di benak Anda.

Jika informasi ini berguna, mohon bagikan kepada teman Anda.
Lihat Disclaimer

You must be logged in to post a comment Login

Anda dipersilahkan untuk bertanya, berkomentar dan berpendapat. Kami menghargai berbagai variasi pendapat dan opini sebagai bagian dari hak kekayaan intelektual. Setiap pertanyaan atau komentar yang Anda layangkan merupakan buah pemikiran pribadi yang akan membantu pembaca dalam melengkapi informasi atau melihat dari sisi sudut pandang lain yang relevan dengan topik bahasan tertentu. Anda setuju setiap pertanyaan atau komentar yang diberikan akan masuk proses moderasi untuk kenyamanan bersama. Kami jamin alamat email yang Anda cantumkan tidak akan dipublikasikan kepada pihak manapun.
PHZpZGVvIHdpZHRoPSI3MDAiIGhlaWdodD0iNjUwIiBhdXRvcGxheT4KICA8c291cmNlIHNyYz0iaHR0cDovL3Bha2FyaW52ZXN0YXNpLmNvbS9JbnZlc3Rhc2kubXA0IiB0eXBlPSJ2aWRlby9tcDQiPgpZb3VyIGJyb3dzZXIgZG9lcyBub3Qgc3VwcG9ydCB0aGUgdmlkZW8gdGFnLgo8L3ZpZGVvPg==
ASK ME HOW TO PROFIT