Bisakah Berinvestasi Reksadana untuk Persiapan Biaya Sekolah Anak?

By on November 23, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 422 kali

Investasi Reksadana – Tidak akan ada orang yang akan putus sekolah karena kekurangan biaya, jika saja biaya pendidikan itu murah. Begitulah logika yang ada. Sebagai orang tua, Anda tidak hanya berkewajiban untuk memberikan tempat tinggal yang layak, namun juga pendidikan yang sesuai, bahkan sangat baik jika bisa membiayainya sampai ke perguruan tinggi.

Orang tua yang baik pastinya sudah membuat rencana terbaik untuk masa depan anaknya kelak. Sungguh sangat bagus jika orang tua mencari tau cara merencanakan persiapan biaya sekolah anak di kemudian hari dengan mengikuti seminar dan membaca berbagai artikel. Bisa juga dengan mengikuti diskusi forum agar bisa saling bertukar pikiran dengan sesama orang tua lainnya.

Waktu paling baik untuk merencanakan ini adalah ketika baru saja membina rumah tangga ataupun ketika kelahiran anak pertama. Cara yang paling sering dilakukan untuk persiapan dana sekolah adalah dengan menabung. Namun, mengingat tingkat inflasi yang terus naik, apakah menabung saja cukup? Bagaimana dengan pilihan berinvestasi? Bisakah berinvestasi Reksadana untuk persiapan biaya sekolah anak?

Ya, tentu saja bisa. Namun ada beberapa langkah yang harus terlebih dahulu dilakukan. Pertama adalah menentukan sekolah mana yang Anda pilih untuk anak Anda. Mungkinkah itu sekolah negeri, sekolah berbasis internasional, atau sekolah berbasis nasional plus? Begitu pula cara menentuan perguruan tinggi mana yang hendak dituju. Lakukan riset kecil-kecilan dengan mencari informasi dari sekolah-sekolah yang sudah Anda tentukan. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui besaran dana yang akan Anda keluarkan nantinya.

Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mencari tau jenis Reksadana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, dalam satu tahun mendatang, anak Anda akan masuk TK. Reksadana yang sesuai dengan ini adalah Reksadana jangka pendek, seperti Reksadana Pasar Uang.

Beda ceritanya jika Anda menyiapkan dana pendidikan untuk lima sampai sepuluh tahun mendatang. Anda harus mencari jenis Reksadana yang bisa mengalahkan tingkat inflasi dalam jangka waktu yang lama itu. Tentu tidak bijaksana jika Anda masih bersikeras memakai Reksadana Pasar Uang. Untuk kasus seperti ini, sebaiknya pilih Reksadana Saham atau Reksadana Campuran yang memiliki imbal hasil lebih besar.

Namun, ada perbedaan besar yang harus diingat antara asuransi pendidikan dan berinvestasi untuk persiapan biaya pendidikan. Asuransi sama saja dengan hedging, atau melindungi harta. Sedangkan investasi membuat perkembangan pada dana yang Anda investasikan. Sungguh sangat jelas jika berinvestasi jauh lebih menguntungkan.

Nah, untuk para orang tua yang merasa jika dana pendidikan anak masih sangatlah jauh, sebagiknya pikirkan dari sekarang deh. Ya, seperti istilah “sedia payung sebelum hujan”. Beban Anda pastinya jadi lebih berkurang jika sudah merencanakan ini.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty