Bingung Pilih Rumah Cluster atau Non Cluster?

By on February 15, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 467 kali
Investasi Properti

Pilih Cluster atau Non Cluster?

Pilih mana rumah cluster atau rumah bukan cluster? Sekiranya pertanyaan tersebut menjadi salah satu yang mesti Anda jawab sebelum membeli rumah. Tidak bisa dipungkiri bahwa rumah merupakan salah satu kebutuhan primer manusia yang menuntut untuk dipenuhi. Khususnya bagi Anda yang sudah berumah tangga dan mempunyai anak. Adapun lingkungan tempat tinggal menjadi satu dari sekian pertimbangan penting yang harus dipikirkan matang-matang.

Lingkungan seperti apa yang Anda pilih? Membeli rumah berarti Anda akan mendapatkan lingkungan di sekitar rumah secara sekaligus. Jadi jangan sampai Anda merasa tidak nyaman dengan lingkungan tempat tinggal. Berkaitan dengan lingkungan, secara umum dibedakan menjadi 2 yaitu perumahan dan non perumahan (kampung). Perumahan biasanya mempunyai batas yang jelas dengan lingkungan sekitar, baik berupa pagar atau tembok. Sistem keamanan pun bisa dibilang lebih terjamin karena kerap pula dijaga oleh satpam. Jadi Anda bisa merasa lebih aman dan memiliki privasi.

Untuk lingkungan perumahan itu sendiri dikategorikan cluster dan non cluster. Bedanya hanya terdapat pada sistem akses saja. Rumah cluster hanya mempunyai 1 pintu akses keluar dan masuk, sementara rumah non cluster mempunyai lebih dari 1 pintu akses. Sebaiknya pilih mana rumah cluster atau rumah bukan cluster?

Memilih rumah cluster atau non cluster sebaiknya disesuaikan kebutuhan. Adapun rumah cluster dewasa ini pun ramai peminat. Tidak heran bila para developer bersemangat mengembangkan tipe perumahan tanpa pagar ini. Meski dibuat tanpa pagar nyatanya rumah cluster tetap aman. Sistem keamanan rumah cluster secara kolektif mengandalkan tembol Berlin yang dibangun mengelilingi blok penghuni. Penataan rumah cluster pun biasanya cukup apik dan tersistem. Hanya saja bila tidak dikelola baik salah-salah menyebabkan kerugian bagi penguni rumah. Ringkasnya ada kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Rumah Non Cluster

Lingkungan ruman non cluster biasanya terdiri dari masyarakat heterogen. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengenal kondisi lingkungan sebelum deal membeli rumah. Pasalnya kenyamanan tinggal di rumah non cluster sedikit-banyak dipengaruhi faktor tetangga.

Selain itu, pertimbangkan pula apakah daerah tempat tinggal tersebut rawan macet, banjir, atau lainnya. Seperlu mengetahui informasi ini Anda bisa observasi dengan mengunjungi beberapa penghuni dan sekaligus bersosialisasi.
Untuk bentuk rumah dan penggunaan material ada 2 pilihan. Pertama rumah non cluster yang sudah jadi atau membagun sendiri dari nol. Membangun rumah non cluter dari nol tentu bukan masalah karena Anda malah bebas membangun sesuai keinginan. Namun, bila Anda memilih bangunan yang sudah jadi cek penggunaan material dan desainnya. Pasalnya berbeda dengan rumah cluster, rumah non cluster di Indonesia kebanyakan dibangun dengan desain dan perhitungan yang kurang jeli.

Rumah Cluster

Rumah cluster kebanyakan dibangun di daerah sub urban atau pinggir kota. Ingat lokasi berpengaruh pada perjalanan Anda. Oleh karenanya, pastikan lokasi rumah tidak terlalu jauh dari tempat Anda beraktivitas, baik kantor, sekolah, atau lainnya.

Kelebihan rumah cluster yaitu layout rumah yang umumnya berpola grid yang mana sudah dipertimbangkan oleh pihak developer. Meskipun demikian, tetap jeli mengamati layoutnya dan sistem keamanannya. Mengenai bentuk rumah dan penggunaan material biasanya ditentukan berdasar standar dari pihak pengembang. Dalam hal ini Anda bisa memperhatikan brosur dan jenis material yang digunakan. Bila memang ada yang tidak benar, Anda dapat meminta perbaikan atau malah diganti selama masa pemeliharan.

Keuntungan lain memilih rumah cluster yaitu lengkapnya fasilitas penunjang yang diberikan. Sementara untuk pengembangannya disinyalir akan sama seperti rumah non cluster. Jadi pastikan benar Anda sudah memeriksa tata guna lahan, keamanan, dan sebagainya. Bahkan bila memang diperlukan cari rumah cluster yang membuka peluang investasi menjanjikan. Jadi pilih mana rumah cluster atau rumah bukan cluster?

Incoming search terms:

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty