Berkenalan dengan Investasi Reksadana Syariah Offshore

By on May 2, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 252 kali

Investasi Reksadana – Mengenal investasi reksadana syariah offshore yang menjadi salah satu kategori investasi reksadana syariah terbaru. Kategori ini terbilang baru karena peraturannya saja baru diterbitkan oleh OJK pada November 2015. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kategori reksadana syariah yang baru, ada baiknya membahas tentang apa itu investasi, reksadana dan reksadana syariah.

Prolog

Investasi adalah kegiatan menyisihkan uang dengan tujuan tertentu agar bisa digunakan dalam jangka waktu pendek maupun jangka panjang dengan harapan terjadi kenaikan jumlah aset, meski ada risiko terjadinya  penurunan nilai aset.

Salah satu produk investasi adalah reksadana. Reksadana mewadahi masyarakat yang memiliki modal untuk kemudian dananya dikumpulkan, sehingga bisa diinvestasikan kembali dalam bentuk kepemilikan portofolio efek (seperti saham, surat utang/obligasi, SBI dan deposito) oleh Manajer Investasi.

Reksadana syariah sebenarnya adalah reksadana konvensional yang dibuat versi syariah. Maksudnya peraturan pelaksanaannya berupa akad, cara, dan kegiatan usaha yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa OJK menerbitkan peraturan baru tentang penerbitan dan persyaratan reksadana syariah. Dalam peraturan tersebut terdapat 10 jenis reksadana, dan salah satu yang menarik adalah investasi reksadana syariah offshore.

Investasi Reksadana Syariah Offshore

Menurut peraturan OJK No.19/POJK.04/2015 nama yang tertulis untuk  investasi reksadana syariah offshore adalah investasi reksadana syariah berbasis efek syariah luar negeri. Untuk mempermudah penyebutan maka lebih banyak orang  menggunakan offshore atau global syariah fund. Investasi reksadana syariah offshore adalah pengelolaan investasi reksadana pada efek luar negeri dengan komposisi

  1. Minimal 51 persen dari NAB yang diinvestasikan pada efek syariah luar negeri yang termuat dalam daftar efek syariah.
  2. Maksimal 49 persen dari NAB yang diinvestasikan pada efek syariah dalam negeri.

Sebelum mengenal investasi reksadana syariah offshore lebih lanjut, Anda mungkin ingin tahu apa itu NAB dan efek syariah? NAB adalah besaran nilai aset yang dikelola pada suatu reksadana setiap harinya. Sementara efek syariah merupakan efek yang tertulis dalam undang-undang pasar modal yang pengelolaannya dilakukan tidak bertentangan pada prinsip-prinsip syariah.

Keuntungan investasi reksadana syariah offshore

Berikut ini adalah keuntungan dari reksadana syariah offshore.

  1. Manajer Investasi dapat berinvestasi pada efek luar negeri hingga 100 persen dari NAB.
  2. Manajer Investasi pun dapat mengkombinasikan antara efek dalam negeri dengan reksadana syariah yang berpotensi menjadi global fund pertama di Indonesia.
  3. Aspek kesyariahannya pada efek luar negeri pun tidak perlu diragukan sebab efek syariah luar negeri yang diperboleh menjadi objek investasi hanya efek yang diterbitkan oleh penerbit yang negaranya sudah menjadi anggota IOSCO dan sudah menandatangani secara penuh IOSCO MMOU.

Risiko investasi reksadana syariah offshore

Seperti sudah diketahui investasi sangat erat kaitannya dengat keuntungan dan risiko. Semakin besar keuntungan yang ditawarkan, maka semakin besar pula risiko yang diberikan. Hal ini pun berlaku jika Anda berinvestasi di reksadana syariah offshore. Mengingat reksadana ini berbasis efek luar negeri, maka risiko berinvestasi juga jauh lebih rumit jika dibandingkan berinvestasi pada efek dalam negeri. Setidaknya investor yang berminat berinvestasi pada reksadana ini harus memahami hal-hal seperti.

a.Risiko kurs dalam negeri dan kurs asing
a.Risiko politik
b.Peraturan luar negeri

Selain itu, bagi Anda yang berminat berinvestasi pada reksadana syariah offshore harus memiliki modal minimal USD 10.000 atau nilainya harus setara jika menggunakan mata uang lain. Jadi apakah Anda berminat untuk berinvestasi setelah mengenal investasi reksadana syariah offshore?

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty