Berkenalan Dengan Investasi Reksadana Syariah Berbasis Sukuk

By on March 23, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 253 kali

Investasi Reksadana – Mengenal investasi reksadana syariah berbasis sukuk yang termasuk ke dalam salah satu kategori investasi reksadana syariah terbaru. Kategori ini memang benar-benar baru karena peraturannya saja baru diterbitkan oleh OJK pada November 2015. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kategori reksadana syariah yang baru, ada baiknya membahas tentang apa itu investasi, reksadana dan reksadana syariah.

Prolog

Investasi adalah kegiatan menyisihkan uang dengan tujuan tertentu untuk digunakan dalam jangka waktu pendek maupun jangka panjang. Kegiatan ini diharapkan mampu menaikkan jumlah aset, meski ada risiko terjadinya  penurunan nilai aset.

Reksadana adalah salah satu produk investasi yang mewadahi masyarakat yang memiliki modal untuk mengumpulkan dananya agar selanjutnya diinvestasikan kembali dalam bentuk kepemilikan portofolio efek oleh Manajer Investasi. Portofolio efek adalah sebutan untuk kumpulan surat berharga, seperti  saham, surat utang/obligasi, SBI dan deposito.

Lalu apa itu reksadana syariah ? Secara sederhana reksadana syariah adalah reksadana konvensional yang dibuat versi syariahnya. Maksudnya pengelolaannya dilakukan dengan tidak bertentangan pada prinsip-prinsip syariah.
Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa OJK menerbitkan peraturan baru tentang penerbitan dan persyaratan reksadana syariah. Dalam peraturan tersebut terdapat 10 jenis reksadana, dan salah satu yang menarik adalah investasi reksadana syariah berbasis sukuk.

Investasi Reksadana Syariah Berbasis Sukuk

Investasi reksadana syariah berbasis sukuk adalah pengelolaan investasi reksadana pada satu atau lebih sukuk dengan komposisi portofolio minimal 85 persen dari NAB. Sebelum mengenal investasi reksadana syariah berbasis sukuk lebih lanjut, Anda mungkin ingin tahu apa itu NAB dan sukuk? Nilai Aktiva Bersih (NAB) adalah besaran nilai aset yang dikelola pada suatu reksadana setiap harinya. Sementara sukuk merupakan sebutan untuk obligasi (surat utang) syariah. Penamaan sukuk sendiri diambil dari bahasa Arab “sak” yang artinya sertifikat.  Karena surat berharga jangka panjang yang berbasis syariah inilah yang dikeluarkan oleh perusahaan atau institusi agar mendapatkan dana dari investor.

Bagi Anda yang sudah lama berinvestasi di reksadana syariah mungkin berpikir lalu apa bedanya dengan reksadana syariah pendapatan tetap? Meski keduanya sama-sama bisa berinvestasi pada sukuk, tetapi pada  reksadana syariah pendapatan tetap Manajer Investasi hanya diperbolehkan mengelola dana maksimal 10 persen pada satu sukuk. Hal ini tentu berbeda dengan reksadana syariah berbasis sukuk yang memperbolehkan Manajer Investasi untuk mengelola minimal 85 persen dari NAB di sukuk.

Kelebihan Reksadana Syariah Berbasis Sukuk

Berikut ini adalah kelebihan lain dari reksadana syariah berbasis sukuk.

  1. Reksadana syariah berbasis sukuk memungkinkan Manajer Investasi untuk mengelola dana investasi pada satu sukuk atau lebih.
  2. Reksadana syariah berbasis sukuk memungkinkan Manajer Investasi untuk mengolala dana investasi hingga 100 persen pada satu sukuk atau lebih.
  3. Aset pada reksadana syariah berbasis sukuk juga beragam sebab tidak hanya surat berharga negara syariah dan sukuk korporasi saja, tetapi juga surat berharga komersial syariah yang diterbitkan oleh Baitul Maal Wa Tamwil (BMT). BMT merupakan badan hukum yang menjadi induk dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.
  4. Pajak yang dikenakan pada investor yang berinvestasi di reksadana syariah berbasis sukuk juga murah hanya 5 persen. Nilai ini lebih murah jika dibandingkan ketika membeli sukuk langsung yang dikenakan pajak 15 persen.
  5. Minimal pembelian reksadana reksadana syariah berbasis sukuk juga jauh lebih murah jika dibandingkan membeli sukuk langsung dimana modal minimal adalah Rp 1 miliar.

Jadi tidak ada salahnya mencoba kategori baru pada produk invetasi Anda. Terlebih Anda sudah mengenal investasi reksadana syariah berbasis sukuk.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty