Berinvestasi Tanah??

By on June 26, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,067 kali
Investasi Tanah

Berinvestasi Tanah??

Berinvestasi di bidang properti memang ada banyak jenisnya, salah satunya yang tak kalah menjanjikan adalah berinvestasi tanah. Ya, kita tahu bahwa saat ini tanah menjadi properti yang menjanjikan karena seiring semakin banyaknya manusia yang pastinya ingin membangun baik itu rumah, tempat usaha maupun yang lainnya.

Jadi bagi anda yang menentukan pilihan investasi properti dalam bidang tanah maka ada beberapa faktor penting yang harus anda perhatikan supaya bisa memilih yang tepat dan memiliki prospek kedepan yang bagus, simak faktor-faktor berikut ini

1. Letaknya dari pusat kota

Banyak yang menyadari akan hal ini bahwa apabila tanah tersebut semakin dekat dengan pusat dari suatu kota maka tentu akan semakin bernilai tinggi harganya. Namun apabila tanah tersebut berada semakin jauh dari pusat kota maka nilainya juga akan berkurang, mengingat di pusat kota terdapat fasilitas-fasilitas yang lengkap sedangkan apabila semakin jauh maka juga fasilitasnya semakin minim. Ketika berbicara mengenai investasi tentu kita tidak hanya memperhatikan mahal tidaknya namun juga keuntungan properti yang bisa di dapatkan.

2. Bentuk dari tanah itu sendiri

Memilih investasi tanah yang ideal dapat kita lakukan dengan memperhatikan bentuknya, misalnya saja seperti berbentuk persegi atau persegi panjang. Hal ini akan memudahkan apabila didirikan sebuah bangunan di atasnya. Jadi tidak untuk tanah yang memiliki ukuran yang sangat sempit atau hanya memanjang kebelakang sebab itu kurang menguntungkan. Terlebih lagi dengan kondisi tanah yang rata juga menjadi faktor penting untuk diperhatikan, jangan sampai membeli tanah yang tidak datar sebab perlu dilakukan perataan tanah yang tentunya akan menambah pengeluaran bagi anda.

3. Tanah yang setengah matang

Maksudnya disini adalah tanah yang mempunyai prospek namun berada di daerah yang belum banyak bangunan untuk pemukiman. Tanah yang seperti ini bisa kita meliputi ada tidaknya perencanaan pembangunan pada lokasi tersebut, misalnya seperti jalan utama, pasar, sekolah dan sebagainya. Jadi akan memiliki prospek lebih bagus lagi apabila terdapat jalan yang dilalui kendaraan umum.

4. Ukuran tanah

Memilih tanah yang baik yaitu dengan memperhatikan ukurannya, kita tahu bahwa untuk ukuran sebuah bangunan pastinya membutuhkan tanah yang cukup luas apalagi di daerah pemukiman elit yang mana bangunannya pun juga cukup besar, sedangkan untuk kawasan pemukiman menengah kebawah tentu ana bisa memilih ukuran tanah yang sedang pula misalnya seperti 90 meter persegi, 120, ataupun 200 meter persegi.

5. Hadap tanah

Pada umumnya tanah yang kerap kali di pilih kebanyakan orang adalah tanah yang menghadap ke utara atau bisa juga keselatan. Karena tanah yang menghadap demikian akan memperoleh cukup sinar matahari, selain itu juga tanah yang menghadap ketimur juga bisa menghangatkan karena terkena sinar matahari pagi yang baik untuk kesehatan apabila didirikannya sebuah rumah.

6. Faktor keamanan

Sudah banyak orang paham akan hal ini, lokasi tanah yang berada pada tempat yang aman, maka harganya juga semakin mahal.

7. Sebelah tanah

Perhatikan juga sekeliling tanah, karena tanah yang bersebelahan dengan lokasi makan akan jarang diminati.

8. Legalitas tanah

Legalitas tanah merupakan faktor yang penting dalam membeli tanah untuk investasi. Karena legalitas tersebut digunakan sebagai bukti kepemilikan seseorang atas tanah tersebut. Adapun beberapa macam jenis kepemilikannya seperti hak sewa, hak pakai, hak miliki dan lainnya. Namun berbicara mengenai investasi tentu yang paling utama adalah hak milik yang mana apabila anda membelinya harus memiliki sertifikat tersebut.

Faktor-faktor diatas perlu untuk anda perhatikan dalam memilih tanah yang hendak anda gunakan sebagai aset investasi properti. Dengan melihat semua aspek diatas maka diharapkan anda bisa membeli tanah yang memang sangat bagus untuk prospek kedepan sehingga bisa menghasilkan keuntungan bagi anda.