Berhati-Hati Terhadap Rumah yang Ditawarkan Murah

By on June 10, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 603 kali

Investasi Properti – Saat ini kebutuhan akan rumah di Indonesia sangat meningkat. Hampir di seluruh wilayah di Indonesia sedang gencar-gencarnya pembangunan rumah, dari rumah elit hingga rumah murah. Namun, saat ini sebenarnya hampir mustahil untuk mendapatkan rumah murah, apalagi di kawasan Jakarta dan sekitarnya. Bayangkan saja, harga tanah yang tinggi dan juga biaya pembangunan rumah yang mahal menyebabkan banyak rumah dijual dengan harga tinggi pula.

Meskipun demikian, cukup banyak promosi dan tawaran rumah murah yang ditawarkan baik di media cetak atau elektronik dan di berbagai situs properti lainnya. Promosi itu jelas membuat siapapun tergoda, terutama dengan iming-iming uang muka rendah dan bebas biaya pengurusan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Buat mereka yang cuma punya pendapatan kecil, tawaran ini tentu sangat dicari-cari.

Para sales perumahan memang akan mencoba beribu cara untuk merayu calon konsumennya. Kalau sudah begitu, sebagai calon pembeli kamu harus lebih cermat dan hati-hati untuk menghindari rasa kecewa di kemudian hari.

Nah, seandainya kamu berminat untuk membeli rumah murah, ada baiknya kamu cek beberapa hal di bawah ini:

Cek Pengembang

Sudah menjadi rahasia umum kalau pengembang perumahan yang berpengalaman dan punya jam terbang tinggi tidak akan mengecewakan calon konsumennya. Maka disarankan membeli rumah murah pada pengembang yang sudah memiliki pengalaman untuk mengembangkan properti sebelumnya.

Bila kamu ternyata lebih sreg dengan pengembang kecil, pastikan pengembang itu bisa dipercaya dengan mengecek terlebih dahulu legalitas dan surat izin pengembang. Kalau kamu mendapatkan rekomendasi orang terdekat, maka tentu kamu bisa percaya dengan pengembangan tersebut.

Cek Lokasi

Dari semua hal, cek lokasi adalah yang terpenting untuk membuktikan kalau kamu membeli rumah yang meskipun murah tetapi semuanya oke. Yang pasti kamu harus pro aktif dengan mendatangi langsung lokasi rumah murah tersebut. Pastikan rumah incaranmu itu:

Dibangun di atas tanah yang legal dan bukan lokasi sengketa
Bebas banjir, longsor, atau rawan kebakaran
Memiliki air tanah yang baik dan bisa dipakai
Tidak dekat dengan pekuburan, karena akan mempengaruhi harga bila kamu memutuskan menjualnya lagi
Tidak terlalu terpencil sehingga kamu tidak bisa mendapatkan kendaraan umum

 Cek Masa Depan Tanah di BPN

Saat mendapat promosi rumah murah, kamu pasti penasaran kok tanah dan rumah bisa dijual semurah itu? Pasti ada udang dibalik batu. Daripada bertanya-tanya, lebih baik kamu langsung mengecek ke kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN). Pastikan lokasi rumah incaranmu bukan kawasan yang akan digusur untuk dijadikan proyek pembangunan di kemudian hari. Ini jelas akan merugikan kamu.

Di BPN, kamu juga bisa menanyakan masa depan kawasan tersebut, siapa tahu kamu beruntung mendapatkan rumah murah di kawasan yang akan berkembang di masa yang akan datang.

Cek Kelengkapan Surat

Setelah mengecek lokasi, baiknya kamu mengecek apakah surat dan dokumen rumah yang kamu incar cukup lengkap. Periksa surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Sertifikat Hak Milik (SHM), dan juga Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Surat-surat ini sangat dibutuhkan buat kamu yang akan mengambil KPR di bank.

Cek Kondisi Rumah

Rumah murah terkadang bahan bakunya murah pula. Jadi kamu harus tahu betul kondisi rumah tersebut. Kalau kamu membeli rumah untuk dibangun kembali dengan desain yang berbeda, mungkin kondisi rumah tidaklah penting. Namun kalau kamu membelinya untuk langsung ditinggali, kamu harus yakin rumah itu layak ditempati.

Cek juga fasilitas yang diberikan pengembang kepada calon pembeli. Misalnya saja kamu mendapat jatah sumur bor, maka pastikan sumur bor itu memang ada.

Cek Biaya Tambahan

Yang namanya rumah murah, pasti bangunannya bukan dari semen atau besi kelas satu. Kamu mesti memikirkan biaya tambahan untuk merenovasi rumah tersebut. Buat estimasi dengan detil. Bila ternyata biaya beli rumah murah ditambah biaya renovasi cukup tinggi, kenapa kamu tidak membeli rumah yang bagus saja sekalian?

Selamat berburu rumah murah! Semoga setelah membaca artikel ini kamu bisa lebih waspada dari tipu muslihat rumah murah ya!

 

Artikel ini dipersembahkan oleh HaloMoney