Berbagai Tips dan Panduan Dalam Memilih Asuransi

By on July 13, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 326 kali

Asuransi – Tips dan panduan dalam memilih asuransi. Tren penggunaan asuransi di Indonesia semakin diminati berbagai kalangan masyarakat. Asuransi yang memiliki sejumlah manfaat telah dirasakan pengguna asuransi. Tak mengherankan jika kemudian asuransi dijadikan salah satu aset bila ada suatu kebutuhan atau mengantisipasi sesuatu di kemudian hari.

Asuransi merupakan suatu perlindungan dan jaminan yang diberikan pada pengguna asuransi (tertanggung) oleh pemberi asuransi (penanggung) dengan syarat dan ketentuan tertentu. Secara sederhana asuransi berarti perlindungan finansial.

Pihak penanggung atau lembaga asuransi menawarkan beragam produk asuaransi.Nah, kecenderungan penggunaan yang semakin diminati tentu mensyaratkan calon konsumen/tertanggung untuk memahami hal-hal dalam memilih asuransi. Berikut beberapa tips dan panduan dalam memilih asuransi.

Pilihlah Asuransi Sesuai Kebutuhan

Mengingat banyak lembaga asuransi yang menawarkan beragam produk asuransinya, maka Anda harus mengetahui kebutuhan asuransi mana yang diinginkan. Oleh karena itu, tentukan terlebih dahulu kebutuhan asuransi Anda. Ada berbagai contoh asuransi yang barangkali Anda inginkan seperti asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, asuransi kerja, asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, asuransi unitlink, dan sebagainya.

Bila Anda masih bingung kebutuhan asuransi mana yang dibutuhkan, konsultasikan pada ahli atau keluarga maupun rekan-rekan Anda. Setelah menemukan kecocokan akan kebutuhan asuransi, Anda bisa memilih asuransi yang benar-benar dibutuhkan atau asuransi yang tepat.

Misalnya, bila Anda mempunyai anak yang sedang menempu pendidikan, maka asuransi pendidikanlah yang dibutuhkan. Bila bekerja pada suatu lembaga atau perusahaan, asuransi pekerjaan dan asuransi kecelakaan menjadi pilihan. Sementara untuk perlindungan keluarga asuransi jiwa dapat dipilih. Begitulah seterusnya.

Pilih Lembaga/Perusahaan Asuransi Terpercaya

Hal ini penting diperhatikan guna menghindari hal-hal yang tak didinginkan. Acuannya adalah bagaimana reputasi dan pengalaman lembaga asuransi dalam mengelola asuransi, pembayaran klaim, dan lain sebagainya.
Lembaga/perusahaan asuransi yang terpercaya dan profesional akan membuat Anda selaku tertanggung merasa nyaman dan aman menggunakan produk-produk asuransi yang diberikan. Di Indonesia sendiri ada banyak lembaga asuransi yang bisa Anda pilih sebagai tempat untuk menggunakan produk asuransi. Anda harus menggunakan layanan dan produk asuransi dari lembaga/perusahaan asuransi yang terdaftar di lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pilihlah Asuransi Sesuai Kemampuan

Ketika ingin memilih asuransi, ada tips dan panduan dalam memilih asuransi lain yang perlu diperhatikan yaitu sesuaikanlah dengan kemampuan finansial Anda. Pembayaran premi asuransi biasanya memiliki jangka waktu tertentu. Bisa dilakukan per tahun, per semester, per triwulan, per bulan atau pun pembayaran premi sekaligus.
Anda bisa memilih jangka waktu pembayaran premi sesuai kondisi dan kemampuan finansial. Sisihkan beberapa rezeki dari pendapatan Anda untuk kebutuhan pembayaran premi asuransi. Kisarannya antara 10 persen hingga 15 persen dari nilai pendapatan.

Cermati Tiap Petunjuk Asuransi

Anda bisa mencermati segala detail dalam penawaran produk asuransi. Apa saja kewajiban, prosedur klaim, ketentuan polis, dan manfaat yang akan diperoleh oleh tertanggung berikut resiko yang akan dihadapi jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Jangan langsung tergiur begitu saja akan manfaat yang disampaikan oleh petugas maupun tenaga pemasaran asuransi. Mintalah informasi secara lisan dan tertulis dari lembaga, petugas, dan tenaga pemasaran asuransi. Sekali lagi Anda harus mencermati tiap detail dari hal-hal yang berhubungan dengan asuransi yang Anda butuhkan baik pra, saat proses transaksi, dan pasca pembelian asuransi.

Pilihlah Agen Asuransi yang Terpercaya

Jika ingin menggunakan asuransi satu hal yang penting diperhatikan adalah memilih tenaga pemasaran atau agen penjual asuransi yang memiliki lisensi dari AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia) dan AAUI (Asosiasi Asuransi Umum Indonesia).