Berbagai Kelebihan yang Menjadikan Investasi Emas Sebagai Pilihan yang Tepat

By on September 14, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 346 kali

Investasi Emas – Berbagai kelebihan dan manfaat yang bisa didapatkan menjadikan investasi emas sebagai logam pilihan yang tepat . Emas adalah logam mulia yang mahal harganya sehingga cocok untuk dijadikan alat investasi. Siapapun bisa investasi emas, entah itu kalangan atas maupun kalangan menengah. Investasi emas bisa disesuaikan dengan kemampuan dan badget yang Anda miliki, itu sebabnya investasi emas menjadi investasi populer di kalangan masyarakat. Sebagian besar masyarakat melakukan investasi emas dalam bentuk emas batangan ataupun perhiasan. Emas batangan dinilai lebih tepat untuk digunakan dalam investasi jangka panjang. Sedangkan investasi perhiasan dapat memberikan manfaat ganda yaitu sebagai alat investasi dan juga bisa menambah koleksi perhiasan.
Banyak orang yang tertarik untuk melakukan investasi emas karena berbagai kelebihan seperti berikut:

1. Mudah Dicairkan

Investasi emas cocok bagi Anda yang mempunyai dana yang tidak terpakai dan tidak tahu kapan dana tersebut akan digunakan. Jika sewaktu-waktu membutuhkan dana, emas bisa dengan mudah dicairkan dengan cara dijual atau digadaikan. Hal tersebut bisa menjadi solusi bagi Anda yang membutuhkan uang mendesak, seperti mencukupi biaya rumah sakit, perbaikan rumah dan pendidikan anak. Berbeda halnya dengan investasi dalam bentuk properti. Contohnya adalah rumah, jika membutuhkan dana sewaktu-waktu kita tidak bisa menjualnya dengan mudah dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjualnya.

Meskipun nilainya bisa turun dalam kondisi tertentu, namun harga jual emas dari tahun ke tahun cenderung stabil dan mengalami kenaikan. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa investasi emas sebagai pilihan yang tepat untuk berinvestasi.

2. Kebal Inflasi

Nilai emas cenderung stabil, dan bahkan mengalami peningkatan dalam setiap tahunnya. Hal ini karena investasi emas tidak terlalu terpengaruh oleh inflasi yang terjadi di suatu negara. Inilah mengapa emas cocok digunakan sebagai alat investasi jangka panjang. Jika kita berinvestasi emas sekarang, dalam 10 tahun ke depan keuntungan yang Anda dapatkan akan berlipat.

3. Modal Usaha

Dengan ininvestasi emas, Anda bisa memiliki modal usaha tanpa harus kehilangan emas yang Anda miliki. Untuk mengubahnya menjadi uang, Anda bisa menggadaikan emas tersebut. Agar usaha berjalan lancar sehingga keuntungan usaha bisa digunakan untuk mendapatkan kembali emas yang sudah Anda gadaikan, Anda harus pintar-pintar mengelola dana yang sudah Anda dapatkan.

Berbeda halnya dengan menggadaikan motor atau mobil, nilainya akan terus mengalami penurunan dari waktu ke waktu. Sedangkan dengan menjadikan emas sebagai jaminan, nilai jaminan Anda tidak akan mengalami penurunan.

4. Bebas Pajak

Sebagaimana telah diatur oleh dinas perpajakan, emas terbebas dari biaya pajak karena emas merupakan komoditi produksi.

5. Tahan Korosi dan Awet

Wujud emas yang tidak mudah rusak menjadikan emas sangat disarankan untuk dijadikan alat investasi. Selain itu perawatannya juga terbilang mudah. Karena sifatnya yang tahan korosi, emas dinilai lebih awet dari investasi lainnya seperti uang kertas atau surat berharga.

6. Tabungan Masa Depan

Jika Anda investasi emas, kekayaan Anda akan semakin meningkat setiap tahunnya karena harga emas selalu mengalami peningkatan. Hal ini sangat cocok untuk dijadikan investasi jangka panjang dan digunakan sebagai tabungan masa depan. Dengan begitu biaya pendidikan anak menjadi terjamin. Manfaat investasi emas memang tidak bisa dirasakan dalam jangka waktu yang singkat. Namun Anda dapat merasakan manfaat tersebut dalam jangka waktu 5 – 10 tahun mendatang. Itulah yang menjadikan investasi emas sebagai pilihan yang tepat bagi Anda untuk perencanaan masa depan.

Incoming search terms: