Berbagai Kelebihan Investasi Reksadana

By on February 3, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 230 kali

Investasi Reksadana – Kelebihan investasi reksadana memang sangat menggiurkan. Pengetahuan ini sangat penting diketahui masyarakat, yang berminat terjun di investasi ini. Dengan persiapan yang lebih matang, lebih memberikan ketenangan dan keuntungan maksimal. Bagi yang masih menimbang-nimbang reksadana dengan pilihan investasi lainnya, penting untuk menyimak beragam kelebihannya sebagai berikut.

Perbandingan reksadana dengan saham

Kalau ingin berinvestasi, menabung bukanlah pilihan yang tepat. Karena peluang profitnya rendah, bahkan lebih rendah dibandingkan inflasi rata-rata per tahunnya. Jadi sesuai namanya, menabung hanya untuk menyimpan uang saja, tidak cocok sebagai pilihan investasi. Peluang investasi lain yang menguntungkan adalah saham. Sayangnya, untuk bisa terlibat dalam bisnis ini, butuh keahlian khusus. Agar bisa memahami produk investasi dan menghasilkan analisa yang jitu. Ketika berinvestasi saham, nasib investor tergantung dari nasib perusahaan yang dibeli sahamnya.

Kondisi itu sangat berbeda, saat Anda berinvestasi reksadana. Karena investor tidak kerepotan mengurus segala kebutuhan bisnisnya. Karena sudah adalah manajer investasi, yang menangani semuanya. Perusahaan manajer investasi yang akan mengelola dana investasi tersebut. Pastikan perusahaan yang dipilih telah mengantongi izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Izin tersebut membolehkan perusahaan, mengumpulkan dana dari masyarakat.

Dana investasi akan disebar di banyak instrumen investasi. Dengan begitu risiko dan profitnya tergantung dari berbagai faktor. Sebagai contoh, saat produk reksadana yang dibeli menanam dana di 10 perusahaan. Maka di saat salah satu nilai sahamnya turun, tidak perlu khawatir karena masih adalah sejumlah saham lain di perusahaan berbeda. Karena bisa saja berkemungkinan naik secara signifikan. Sehingga profit tetap bisa diperoleh.

Kelebihan investasi reksadana

Pastinya setiap investor ingin menikmati keuntungan dari investasi reksadana. Karenanya, ketahui berbagai kelebihannya dan memilih manajer investasi terpercaya. Apa saja keunggulan yang ditawarkan investasi ini?

  • Modal sangat terjangkau. Dulu untuk bisa berinvestasi di bidang reksadana, Anda harus mengeluarkan dana ratusan juta rupiah. Namun, saat ini tidak perlu dengan modal banyak. Kebijakan pemerintah ini guna merangsang minat masyarakat untuk berinvestasi. Berapa minimal dana yang dibutuhkan? Cukup dengan 100 ribu rupiah, Anda sudah bisa memulai investasi reksadana. Selanjutnya, besaran modal bisa ditingkatkan sesuai dengan keinginan.
  • Potensi profit tinggi. Investasi ini menarkan keuntungan besar dalam jangka panjang. Sehingga sangat tepat sebagai instrumen guna persiapan masa pensiun, membeli rumah, pendidikan anak dan sebagainya.
  • Pencairan dana sangat mudah. Dana yang disalurkan melalui reksadana, sama dengan tabungan. Anda bisa mencairkan dana setiap saat, berdasarkan ketentuan perusahaan. Setidaknya uang sudah masuk rekening bank dari investor, paling lama dalam tujuh hari kerja setelah permintaan penarikan dana.
  • Pemantauan lebih mudah. Investor dengan mudah memantau kenaikan dan penurunan nilai investasi reksadana, melalui media cetak dan media online. Jadi Anda bisa memantaunya kapan saja dan dimana saja, dengan bantuan gadget dan jaringan internet.
  • Investasi lebih aman. Risiko investasi ini terbilang rendah, karena dana dikelola di banyak perusahaan. Sehingga kalau ada beberapa saham perusahaan yang nilainya turun, bisa diatasi oleh kemungkinan kenaikan saham perusahaan lainnya. Dana investasi  juga tidak dipegang oleh perusahaan manajer investasi. Tetapi dititipkan pada rekening bank tersendiri, yang dinamakan bank kustodian. Uang tersebut tidak tercatat sebagai aset perusahaan manajer investasi dan bank kustodian. Dengan begitu, kalau bank dan perusahaan itu bangkrut, dana investor terjamin keamanannya.
  • Pengelolaan dana oleh tenaga profesional. Dana reksadana akan ditanamkan pada berbagai usaha produktif. Seperti obligasi, saham dan sebagainya. Anda tidak perlu terjun langsung, karena dana akan dikelola oleh tenaga profesional dan terpercaya. Jadi pilihan yang terbaik dan ketahui kelebihan investasi reksadana.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty