Berbagai Inspirasi Bisnis Selama Bulan Ramadhan

By on June 30, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 349 kali

Inspirasi Bisnis – Bulan Ramadhan bukan saja bulan penuh hikmah, tetapi juga bulan penuh peluang untuk mendapatkan rejeki. Sebagai orang yang kreatif dan jeli, Anda pasti tidak akan menyia-nyiakan peluang baik ini.

Harus diakui selama Bulan Ramadhan, orang banyak membelanjakan uang mereka untuk segala macam keperluan. Perputaran uang memang sangat cepat dan Anda harus pintar memilih bisnis apa yang cocok untuk bisa mendapatkan keuntungan tambahan dari kondisi tersebut.

Berikut beberapa ragam bisnis dan usaha yang bisa Anda lakukan untuk menambah kocek di bulan penuh berkah ini. (Baca: Kumpulan Beberapa Inspirasi Bisnis Rumahan yang Sukses)

•    Parsel Lebaran

Bisnis ini cukup menggiurkan dari segi keuntungannya. Biasanya yang membutuhkan parsel adalah orang-orang yang  berkolega luas dan ingin menjaga tali silahturahmi lewat parsel karena tidak bisa langsung bersilaturahmi.

Banyak ragam parsel yang saat ini ada, mulai dari aneka makanan kering, kue lebaran, bahkan barang pecah belah. Untuk membuat parsel Anda lain dari pada yang lain, baiknya meninggalkan pakem lama.

Be creative. Misalnya membuat parsel dengan tema-tema tertentu seperti tema parsel “insyaf”, yang isinya perlengkapan shalat dan al-quran atau parsel bertema “iqra” yang isinya berupa buku-buku agama atau novel religius. Anda bisa mempromosikan parsel Anda melalui sosial media atau dari teman ke teman. (Baca: Inspirasi: Bagaimana Bisa Sukses Berbisnis Minuman?)

•    Bisnis Sewa Kendaraan

Lebaran identik dengan mudik atau pulang kampung. Tentunya banyak orang yang tak kebagian tiket. Sementara rental mobil terkenal sudah kehabisan stok mobil. Nah, ini kesempatan Anda untuk berbisnis dengan menyewakan mobil Anda.

Tentu saja Anda harus mengenal orang yang merental mobil Anda itu. Untuk sementara waktu Anda bisa mengunakan motor atau mungkin kendaraan umum seperti taksi dan bus. (Baca: Bisnis Rental Mobil Dengan Dana Terbatas)

•    Bisnis Kue Lebaran

Anda berbakat membuat kue kering atau cemilan khas lebaran? Saatnya Anda mulai mempromosikan bakat Anda itu ke orang-orang.  Harus diakui kue lebaran yang dijual di toko atau supermarket rasanya jauh dari enak.

Jadi Anda bisa membuat kue dengan cita rasa tinggi dan dipromosikan ke tetangga, teman atau rekan kerja Anda dan suami. Selain itu Anda juga bisa mengunakan sosial media untuk berpromosi. Kalau mereka suka, Anda akan tetap mendapatkan order kue lebaran lagi tahun depan.

•    Bisnis Katering

Peluang bisnis ini jarang dilirik dan merupakan peluang yang paling menguntungkan untuk Anda yang pintar memasak. Coba Anda pikir, pada awal puasa saja banyak restoran ataupun pedagang makanan yang tutup.

Bagaimana orang non muslim yang tak puasa akan mencari makan siang? Nah disini Anda bisa memulai dengan menawarkan katering sebelum bulan puasa datang. Dijamin usaha katering yang Anda jalani akan banyak pesanan. Satu hal lagi, maraknya acara buka bersama juga suatu peluang besar. Promosikan katering Anda kepada instansi yang menggelar acara buka bersama.

•    Bisnis Pakaian

Kebutuhan pakaian lebaran pasti akan meningkat. Semua lapisan masyarakat membutuhkan pakain baru. Dari mulai  anak-anak hingga orang tua, semua membutuhkan pakaian. Momen ini merupakan peluang bagi Anda untuk memulai bisnis pakaian.

Kalau Anda bisa menjahit, ini akan jadi bisnis yang menguntungkan karena ongkos menjahit saat ini sangatlah mahal. Anda bisa mendesign pakaian yang Anda jahit sendiri atau menerima jahitan di rumah.

•    Bisnis Oleh-Oleh

Bisnis ini juga tak kalah menjanjikan, biasanya para pemudik tak lupa membawa oleh-oleh ke kampung halamannya berupa makanan, atau apapun yang berciri khas di mana mereka tinggal.  Ini jadi kesempatan Anda berbisnis.

Anda bisa membuka usaha pembuatan dodol khas, rengginang, atau pun kue-kue khas suatu daerah. Selain makanan, kerajinan tangan juga sering diminati mereka yang akan mudik.

Apapun bisnis Anda, selama dilakukan dengan tulus dan serius akan menguntungkan. Jangan lupa mempergunakan kartu kredit untuk memperlancar bisnis Anda terutama yang dilakukan secara online.

Selamat berbisnis.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh HaloMoney