Beranikan Diri Untuk Berinvestasi di Reksadana

By on January 21, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 234 kali

Investasi Reksadana – Para pemodal yang berinvestasi di reksadana juga sebenarnya perlu mengetahui bagaimana aset reksadana terjaga? Dalam investasi reksadana memang ada 3 hal penting yang mengacu pada undang – undang pasar modal. Tiga hal ini adalah pemodal yang memiliki dana untuk diinvestasikan di reksadana. Hal yang kedua adalah dana yang berasal dari pemodal yang akan diinvestasikan dalam portofolio efek. Dan hal yang ketiga adalah dana yang telah dinvestasikan ini akan dikelola oleh Manajer Investasi.

Pengelolaan Investasi  Reksadana

Mengelola aset reksadana bukanlah hal yang mudah bagi orang yang awam. Namun, untuk para manajer investasi tentu ini juga bukan sesuatu yang bisa dianggap remeh. Karena manajer investasi ini membantu para pemodal atau investor untuk mengelola dananya supaya bisa mendapatkan keuntungan. Pengelolaan investasi merupakan proses yang dapat membantu perumusan tujuan dan kebijakan. Hal ini juga termasuk pengawasan dalam penanaman modal dalam upaya mendapatkan keuntungan.

Pihak Yang Terlibat Dalam Reksadana

Dalam pengelolaan investasi ini ada sejumlah pihak yang terlibat dan memiliki fungsi masing – masing.

  • Manajer Investasi
    Manajer investasi merupakan pihak yang mengelola portofolio efek yang diperuntukan para nasabah atau  portofolio investasi kolektif yang diperuntukkan sekelompok nasabah. Hal ini terkecuali dana pensiun, perusahaan asuransi, dan bank yang melakukan kegiatan usahanya sendiri berdasarkan peratusan perundang – undangan yang berlaku.
  • Wakil Manajer Investasi
    Wakil manajer investasi berperan untuk mewakili kepentingan perusahaan efek dalam kegiatan yang bersangkutan dengan pengelolaan portofolio efek.
  • Penasihat Investasi
    Disini peran penasihat investasi adalah memberi nasihat atau saran mengenai pembelian atau penjualan efek kepada pihak lain dan akan memperoleh imbalan jasa.
  • Agen Penjual Efek Reksadana
    Agen ini merupakan pihak yang menjual efek reksadana dengan manajer investasi pengelola reksa dana yang didasarkan pada kontrak kerja sama.
  • Wakil Agen Penjual Reksadana
    Wakil agen penjualan reksadana ini bisa meliputi perseorangan yang bertindak sebagai penjual efek reksadana dengan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  • Bank Kustodian
    Bank kustodian adalah bank yang memiliki peran sebagai kustodian. Kustodian merupakan pihak yang memberikan jasa penitipan efek maupun segala jenis harta lain yang memiliki kaitan dengan efek serta jasa lain. Jasa lain ini juga termasukya yang menerima deviden, bunga, dan hak – hak lain.

Pihak Yang Mengawasi  Reksadana

Setiap manajer investasi yang mengelola dana nasabah tentu memiliki pengawasan tertentu. OJK yang memiliki kepanjangan Otoritas Jasa Keuangan. OJK disini selain mengawasi lembaga keuangan perbankan, pasar modal, maupun industri keuangan non bank. Dalam  kegiatan pasar modal, OJK juga juga mengawasi perusahaan efek. Perusahaan efek ini adalah pihak yang melaksanakan kegiatan usaha, dan perusahaan in juga mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan sebagai penjamin dan perantara beberapa pihak lain seperti Penjamin Emisi Efek (PEE), Perantara Pedagang Efek (PEE), dan Manajer Investasi (MI). seperti yang ada pada slogan Otoritas Jasa Keuangan, yaitu mengatur, mengawasi, dan melindungi industri keuangan yang sehat. Karena itu, setiap transaksi maupun kegiatan jual beli saham yang dilakukan oleh para pelaku di dalam pasar modal berada di dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan. Hal ini juga yang bisa membuat para pemodal atau investor tetap merasa aman untuk menginvestasika uangnya di dalam pasar modal. Dengan mengetahui bahwa setiap transaksi investasi diawasi tentu bisa membuat para pemodal tidak akan lagi penasaran bagaimana aset reksadana terjaga?

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty