Benarkah Emas Tidak Cocok untuk Investasi Utama Anda?

By on March 24, 2017 | Artikel ini Sudah di baca 507 kali

Investasi Emas – Sejak dulu hingga sekarang, emas memiliki daya tarik yang benar-benar luar biasa. Siapun yang melihat logam mulia ini pasti tertarik. Selain penampilan luarnya, emas juga cukup menarik dalam segi nilai jualnya dipasaran. Dahulu, emas sempat dijadikan sebagai mata uang untuk setiap negara di seluruh belahan bumi. Kilau emas masih menggiurkan, meskipun sudah tidak lagi dipakai sebagai mata uang. Jika dilihat sejarahnya, nilai emas memanglah stabil dan bahkan cenderung meningkat. Hal ini membuat pola pikir kita sadar tidak sadar menganggap emas sebagai pelindung nilai yang paling tepat. Namun, benarkah emas tidak cocok untuk investasi?

Perlu diperjelas pengertian antara investasi dan aset pelindung nilai. Investasi bertujuan untuk menumbuhkan sejumlah modal yang sudah ditanamkan pada suatu aset. Sedangkan pelindung nilai hanya melindungi kekayaan Anda di masa yang akan datang agar tidak semakin tergerus inflasi. Dapat dikatakan jika emas bersifat sebagai pelindung nilai, meskipun terkadang bersifat sebagai investasi dengan pertumbuhan modal yang kurang begitu besar.

Perbedaan jenis emas juga turut mempengaruhi peranan emas sebagai sebuah investasi. Perbedaan ini biasanya akan memberikan dampak yang cukup besar pada efektivitas investasi emas yang Anda lakukan. Untuk dapatkan mengetahui benarkah emas tidak cocok untuk investasi, Anda perlu mengerti beberapa jenis emas yang bisa digunakan.

Emas Batangan

Emas ini biasanya berbentuk seperti batu bata atau batangan pipih, sesuai dengan namanya. Biasanya kadar emas untuk sebuah emas batangan bersikar antara 22 sampai 24 karat. Nilai dari emas batangan biasanya akan mengikuti harga standar internasional, membuat emas batangan menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin berinvestasi emas. Hal ini memungkinkan Anda untuk menjual emas tersebut kapanpun dan dimana pun.

Koin Emas

Bentuk lain dari emas batangan, tentu saja koin emas. Jenis emas ini memiliki kadar dan nilai yang sama dengan emas batangan. Koin emas biasa digunakan sebagai investasi untuk perjalanan spiritual atau naik haji.

Emas Perhiasan

Jenis emas yang satu ini memang seringkali yang paling digemari. Emas perhiasan biasanya sudah dibentuk menjadi berbagai macam aksesoris, seperti kalung, anting, gelang, cincin dan lainnya. Sayangnya, jenis emas yang seperti inilah yang paling tidak cocok untuk investasi. Ketika membeli emas perhiasan, Anda akan dikenakan ongkos pembayaran. Belum lagi ketika emas ini dijual, harga jualnya tidak jauh berbeda dengan harga belinya atau bahkan menurun ketika perhiasan tersebut modelnya sudah ketinggalan jaman.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa jenis emas yang bisa membuat Anda mengerti benarkah emas tidak cocok untuk investasi. Jika ingin berinvestasi emas, sebaiknya jangan sampai salah pilih jenis emas. Selamat berinvestasi.