Benarkah Ada Pajak untuk Reksadana?

By on January 21, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 539 kali

Investasi Reksadana – Bagi para pemodal tentu masih ada yang belum tahu sebenarnya apakah ada pajak untuk reksadana? Sebagai pemodal yang berinvestasi di reksadana, biasanya tidak terlalu memperhatikan hal ini. Karena segala sesuatu mengenai investasi yang dilakukan oleh para pemodal seudah dipercayakan pada para manajer investasi profesional yang mengelola dananya. Namun, akan lebih baik setiap pemodal mengetahui setidaknya sedikit memperbarui pengetahuannya mengenai dunia pasar modal. Muali dari regulasinya, atau hal apa saja yang berkaitan dengan pasar modal.

Jenis Pajak Penghasilan

Pada umumnya, pajak penghasilan dibagi menjadi beberapa jenis.

  • Bunga dari deposito dan berbagai tabungan
  • Hadiah yang berupa undian atau lotere
  • Transaksi saham dan surat berharga lainnya
  • Transaksi pengalihan aset
  • Pendapatan tertentu yang lainnya

Besarnya Pajak Reksadana

Berdasarkan informasi yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) besarnya pajak reksadana masih sebesar 5 % setelah mengalami revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 tahun 2009 mengenai pajak penghasilan atas penghasilan berupa bunga obligasi yang telah ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kala itu. Revisi tersebut ditandatangani pada 31 Desember 2013 oleh presiden. Melihat keadaan ekonomi Indonesia ini masih perlu didorong untuk lebih berkembang menjadi lebih baik lagi. Industri investasi berupa reksadana ini perlu memiliki penerapan pajak yang rendah supaya masih tetap menarik bagi para pemodal. Pihak Otoritas Jasa Keuangan juga telah menyusun peraturan pendistribusian produk reksadana supaya penjualannya lebih menyebar sehingga dapat menyebabkan investor – investor ritel baru akan bermunculan. Aturan tersebut juga sudah sampai pada Rapat Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan. Pajak 15% akan diberlakukan pada tahun 2016. Untuk sekarang pajak reksadana tetap 5 % supaya dapat membuat pasar obligasi tetap bersemangat.

Keuntungan Reksadana Tidak Terkena Pajak

Pada umumnya, pajak atas penghasilan dibagi menjadi dua bagian, yaitu perpajakan dengan tarif progresif dan perpajakan dengan tarif final. Yang termasuk perpajakan dengan tarif progresif berlaku untuk berbagai penghasilan seperti gaji, insentif, komisi, dan bonus. Untuk perpajakan tarif final adalah berlaku pada royalty, hadiah dan lain –lainnya. Semakin tinggi penghasilan seseorang, maka semakin tinggi juga pajak yang akan dikenakan. Tarif pajak progesif yang ada di Indonesia ini berkisar dari 5 % hingga 30 % dengan pendapatan tahunan di atas lima ratus juta rupiah.  Bagi seseorang yang tidak memiliki NPWP, bisa membayar pajak lebih banyak dari pajak yang seharusnya ditetapkan.

Gaji, bonus, komisi, bunga deposito, dan kupon obligasi merupakan bentuk penghasilan yang termasuk objek pajak. Sementara pihak yang membayar disebut dengan subjek pajak yang terdiri dari perusahaan ataupun perorangan. Reksadana bukanlah bagian dari objek pajak. Maka dari itu, keuntungan maupun nilai transaksi penjualan dan pembelian reksadana tidak lagi dikenakan pajak penghasilan. Reksadana sendiri merupakan kumpulan dana dari para investor. Ketika reksadana terbentuk, sama seperti sebuah badan usaha maupun perorangan, reksadana juga akan menjadi subjek pajak. Reksadana memiliki kewajiban untuk  membayarkan pajaknya sesuai dengan tarif yang berlaku.

Apabila para investor ini telah membayar pajak, kemudian investor dikenakan pajak lagi atas transaksi reksadana yang telah dilakukannnya. Maka, secara tidak langsung ada pajak berganda yang muncul disini. Karena itulah, transaksi reksadana bukanlah objek pajak. Jadi, keuntungan atas setiap transaksi penjualan maupun pembelian reksadana, tidak perlu membayar pajak lagi. Hal ini tentu sudah menjawab apakah ada pajak untuk reksadana?

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty