Beli Saham Lokal atau Saham Asing? – Pertimbangan Investasi Saham

By on October 8, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,985 kali
Investasi Saham

Beli Saham Lokal atau Saham Asing? – Pertimbangan Investasi Saham

Investasi Saham – Dalam bermain saham, tentunya banyak sekali pertimbangan sampai akhirnya memutuskan untuk membeli saham tertentu, melakukan beberapa proses perjanjian, sampai dengan menjalankan saham tersebut serta memantau perkembangan saham yang diinvestasikan tersebut atau lebih memilih untuk menjalankannya. Bahkan, sebelum fix untuk membeli sebuah saham, ada beberapa keraguan yang dialami oleh beberapa penanam saham atau bisnis investasi saham misalnya apakah akan beli saham lokal atau saham asing yang keduanya memiliki keuntungan dan kerugian yang berbeda dan sama-sama beresiko tinggi.

Keuntungan dan Kerugian Membeli Saham Lokal

Dalam bermain saham lokal, tentu terdapat beberapa keuntungan misalnya jika Anda menanam saham atau investasi saham pada saham lokal, keuntungan yang didapatkan oleh rekan saham Anda tentu akan kembali pada saham nasional yang artinya secara tidak langsung Anda akan terlibat dalam membantu pengembangan ekonomi nasional. Selain itu, Anda juga dapat mengenal saham lokal lebih  dalam karena pastinya ada beberapa referensi yang mengacu pada profil saham lokal tersebut, sehingga Anda mudah mengambil langkah ke depan dengan saham yang Anda beli.

Seperti mata uang koin yang memiliki dua sisi, berbisnis saham lokal pun juga mengalami beberapa kerugian utama seperti sering nya mengalami kemunduran karena keadaan ekonomi lokal sendiri sering dalam kondisi tidak stabil.

Keuntungan dan Kerugian Membeli Saham Asing

Begitu juga dengan saham asing yang memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri. Keuntungan dari saham asing yang anda jalankan adalah secara langsung akan meningkatkan kondisi nasional secara luas, misalnya kondisi ekonomi masyarakat nasional. Selain itu, penanaman saham asing juga dapat menaikkan kurs mata uang rupiah sehingga dapat bersaing dengan saham global.

Kerugian dalam menanam modal asing di Indonesia juga membawa kerugian misalnya kesan monopoli ketika kita menjalin kerjasama dengan pihak asing membuat saham lokal seperti disetir oleh kuasa saham asing dan ini sangat tidak baik bagi perkembangan laju investasi saham lokal.

Profit Beli Saham Lokal atau Saham Asing

Jika Anda telah mempelajari mengenai keuntungan dan kerugian dalam beli saham lokal atau saham asing, maka Anda telah siap untuk bermain dengan saham yang membuat Anda yakin akan memberikan profit yang besar untuk Anda. Resiko dalam beli saham lokal atau saham asing terkadang berskala besar, sehingga ada perasaan ragu untuk mengambil keputusan apakah Anda siap untuk beli saham lokal atau saham asing.

Ada beberapa kata bijak dalam dunia investasi saham dan pengembangan dalam penanaman modal yaitu jika resiko bisnis yang diambil semakin besar, maka semakin besar pula profit yang akan diambil. Jadi, jika Anda berani mengambil resiko yang menurut Anda besar dalam bermain saham, baik saham lokal maupun saham asing, maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang berbanding lurus dengan resiko yang mungkin akan Anda tanggung. Ini tergantung kepada Anda sendiri, apakah Anda berani mengambil resiko dalam beli saham lokal atau saham asing untuk masa depan bisnis dan usaha saham Anda.