Beli Rumah Oper Kredit? Waspada Untung Ruginya untuk Anda

By on November 17, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 408 kali

Investasi Properti – Beli rumah oper kredit? waspada untung ruginya untuk Anda. Jangan asal setuju karena melihat kemudahan dan harga rumah yang murah. Ini karena banyak sekali kasus oper kredit yang berujung kerugian. Seseorang jadi kehilangan banyak uang tapi belum mengantongi sertifikat rumah. Alasannya karena kurangnya informasi dan pengetahuan tentang sistem oper kredit rumah.

Nah, jika Anda hendak hendak membeli rumah oper kredit patut berhati-hati. Pahami dulu bagaimana prosedural sistem ini dan seluk beluknya. Oper kredit adalah cara membeli rumah secara kredit dari debitur lama ke debitur baru. Lebih jelasnya, berikut beberapa hal penting tentang oper kredit yang perlu Anda ketahui.

Untung Rungi Beli Rumah Oper Kredit

– Keuntungan: Surat kepemilikan akan lebih aman dan terjamin. Anda tak perlu lagi memusingkan prosedural mengajukan kredit rumah ke bank. Yang diperlukan adalah legalitas pegalihan kepemilikan yang melibatkan bank dan notaris. Rumah yang dibeli dengan sistem ini biasnya juga sudah siap untuk ditempati.
Selain itu, harga rumah dengan oper kredit biasanya relatif murah. Bila lokasi rumah berada di tempat strategis tentu jadi investasi menguntungkan di masa depan.
– Kerugian: Jika ditelisik secara prosedural sistem ini cenderung lebih rumit dan ribet. Anda harus melunasi kredit rumah sekaligus mengurus kelengkapan untuk legalitas kepemilikan hunian. Anda juga masih haru memikirkan biaya tambahan untuk pengurusan surat-surat tersebut.
Belum lagi adanya biaya untuk perbaikan, karena kondisi rumah second. Selain itu, umumnya bank memberikan bunga kredit lebih tinggi pada rumah second. Pertimbangkan dengan matang apakah Anda akan beli rumah oper kredit? Waspada untung ruginya untuk Anda.

Oper Kredit di Bawah Tangan

Ini adalah cara yang paling tidak aman dan disarankan untuk dihindari. Biasanya bukti hanya berupa kwitansi dan materai. Biayanya memang lebih murah, tapi riskan kriminalitas dan lemah secara hukum.
Anda juga jadi sulit mengambil sertifikat rumah karena membutuhkan bantuan penjual (debitur lama). Dalam hal ini bisa saja pejual menipu Anda atau jejaknya menghilang. Jika memang penjual bisa dipercaya Anda masih harus melakukan balik nama ke notaris.

Oper Kredit Melalui Notaris

Bantuan notaris bisa sedikit memberikan kemananan pada sistem oper kredit rumah. Kedudukannya cukup kuat secara hukum, tapi masih harus waspada karena tak melibatkan bank. Cara ini cenderung lebih mudah dan biayanya murah.

Namun kelemahannya ialah Anda menyicil kredit atas nama debitur lama. Kepemilikan sertifikat rumah juga masih atas nama debitur lama. Untuk meningkatkan keamanan akte pengalihan hak wajib disampaikan ke pihak bank. Jika tidak penjual bisa saja melakukan penipuan pada Anda.

Oper Kredit Langsung Lewat Bank

Ini adalah cara yang paling aman tapi ribet. Biaya pengurusan dan bunga kredit biasnya juga jadi lebih mahal. Prosedurnya lebih panjang, memakan banyak waktu dan masih ada kemungkinan pengajuan ditolak. Namun, jika disetejui Anda bisa mengangsur kredit atas nama sendiri. Anda juga lebih tenang dan punya kuasa penuh atas sertifikat rumah saat pelunasan nanti.

Tips Aman Beli Rumah Oper Kredit

Dari penjelasan di atas tentu tips paling aman ialah melakukan sistem oper kredit di bank atau notaris. Hindari sengketa hukum yang mungkin terjadi dan buat pertimbangan yang matang. Layaknya membeli rumah, Anda perlu melihat kondisi bangunan, lokasi strategis dan sebagainya.

Kalkulasikan dengan akurat nilai transaksi dan jual rumah. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari harga pasaran di sekitar lokasi rumah. Jangan sampai Anda merugi dan menyesal nantinya. Perhatikan juga kemudahan pembayaran dan prosedural pengurusannya. Jadi, Apakah Anda hendak beli rumah oper kredit? Waspada untung ruginya untuk Anda.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty