Beli Rumah, Ingin Kredit atau Tunai? Semua Pilihan Anda!

By on October 1, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 361 kali

Investasi Properti – Banyak pilihan perumahan yang menawarkan aneka keuntungan serta kelebihan masing-masing pada Anda, namun masih bingung ingin pilih yang mana. Apalagi mengenai masalah transaksi pembayaran dalam bisnis properti, beragam kemudahan ditawarkan khusus bagi masyarakat dengan suku bunga rendah dan tawaran uang muka yang menggiurkan. Nah sekarang ada satu pertanyaan yang membelenggu dan terngiang-ngiang di kepala, lebih untung mana beli rumah secara kredit atau cash? Hal ini banyak menyulitkan orang-orang apalagi saat dihadapkan dengan berbagai macam rumah-rumah pilihan idaman. Untuk itu, kami berikan sedikit pencerahan dan penelusuran lebih mendalam mengenai hal ini berdasarkan pengalaman, agar kita mampu lebih cerdik serta cermat dalam pembelian rumah!

Baca juga: Tips Ajukan KPR Bagi Pasangan Muda yang Ingin Memiliki Rumah

Secara garis besar, hal ini relatif untuk dijawab. Untung mana beli rumah secara kredit atau cash? Sebagian besar orang dengan berpenghasilan rata-rata atau sedang pastinya memilih untuk kredit, karena lebih mudah dalam melakukan pencicilan pembayaran. Lain halnya dengan orang yang berpenghasilan lebih dari cukup, properti bisa dijadikan investasi binis maka dari itu mereka lebih memilih membeli rumah secara tunai, tidak masalah mengenai harga. Sebenarnya, bila dilihat secara mendalam, keuntungan yang didapat lebih besar saat Anda membeli rumah secara cash atau dibayar tunai, hal ini juga meningkatkan kewaspadaan juga keamanan bagi kedua belah pihak yang melakukan transaksi jual beli properti ini.

Baca juga: Uang Muka Rumah, Apakah Itu?

Baca juga: Tips dan Trik Agar Untung Beli Properti Sitaan Bank

Dengan masih meningkatnya harga rumah atau bisnis properti hingga 25% setiap tahunnya, menjamin keyakinan untuk lebih melakukan pembelian rumah lewat pembayaran cash atau tunai daripada melalui kredit. Saat kebutuhan atau strategi Anda dalam investasi properti dilakukan melalui pembayaran kredit atau cicilan setiap bulannya, berharap uang bisa diputar sedemikian rupa untuk yang lainnya agar mendapat keuntungan, yakinkan bahwa uang tersebut saat diputarkan akan menghasilkan laba atau untung yang bisa lebih tinggi dari nilai harga rumah tersebut, agar tidak ada kata percuma dalam melakukan pengkreditan rumah. Tapi dalam hal keuangan yang kurang untuk pembayaran cash, diperbolehkan atau dianjurkan dalam pencicilan pembayaran setiap bulan untuk rumah pilihan Anda, namun pastikan kembali baik-baik, sudahkah keuangan darurat untuk hal ini tersedia, masih adakah kebutuhan lain yang belum terpenuhi, istilahnya lebih mendesak daripada mengenai hunian rumah. Dipastikan juga mengenai hal pengumpulan untuk membayar kredit rumah, apakah masih cukup atau malah kekurangan karena ada kebutuhan lain seperti biaya sekolah anak, kesehatan, dan lain sebagainya. Pilihlah bank dengan cicilan bunga yang paling rendah atau paling ringan dari yang lainnya agar tidak memberatkan Anda.

Baca juga: Tips dan Trik Punya Rumah di Bawah Usia 30an

Dengan pertimbangan jangka waktu pencicilan rumah paling lama sekitar sepuluh tahunan dapat meringankan beban Anda, selain itu mengenai kedisiplinan dalam mebayar itu juga penting, semakin cepat dalam membayar, istilahnya tidak menunggak serta segera dilunasi saat ada rejeki, bisa menolong hidup Anda. Dengan menunjukkan bukti atau laporan buku kas Anda bisa mempercepat proses kredit perumahan ini. Pilihlah juga dalam bisnis properti, rumah yang menawarkan uang muka yang tinggi agar dalam pencicilan prosesnya bisa dipersingkat, Anda tidak diharuskan membayar dengan bunga yang mencekik dalam jangka waktu lama sampai rumah itu lunas dan menjadi milik Anda seutuhnya. Aturlah atau buat bank memiliki kepercayaan lebih terhadap Anda untuk memberikan kesempatan cicilan rumah ini, karena investasi properti memberikan keuntungan atas harganya yang selalu naik setiap masa beberapa tahun.

Baca juga: Tips dan Trik Beli Rumah Oper Kredit, Jangan Sampai Anda Malah Rugi