Belanja Barang Bekas Bisa Menghemat Pengeluaran

By on June 18, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 493 kali

Perencanaan Keuangan – Membeli barang baru tentu menyenangkan, apalagi jika Anda sudah mengidamkannya sejak lama. Tetapi, dalam rangka penghematan belanja bulanan, pertimbangkanlah untuk membeli barang bekas yang masih layak pakai.

Bila pintar memilih, rupa barang bekas tidak akan berbeda jauh dengan barang baru. Fungsi sama, tetapi harga lebih murah. Sisa uang belanjanya pun bisa Anda alokasikan untuk pos perecanaan keuangan yang lain, atau menambah tabungan bulanan.

Nah, berikut barang-barang yang bisa Anda beli meskipun bekas pakai dan tetap tak kalah bagus daripada membeli baru.

1. Buku dan majalah

Hobi membaca tak harus membuat Anda menghabiskan banyak uang untuk membeli buku dan majalah baru.

Pergilah ke second hand bookshop di kota Anda. Bisa dipastikan Anda akan terpesona oleh koleksi buku yang masih mulus dan sangat layak baca.

Anda bisa pula membelinya secara online di Amazon.com, dengan memanfaatkan kartu kredit yang Anda miliki. Dan, bila memerlukan uang tunai, Anda pun dapat menjual buku-buku bekas.

Sementara itu, beberapa penjual buku bekas menawarkan barter antara buku yang Anda miliki dengan buku di lapak toko tersebut.

2. Mobil

Mobil baru nilainya akan langsung turun, setelah mengalami perbaikan di bengkel karena kerusakan tertentu. Agar hemat, pertimbangkanlah membeli mobil bekas yang kualitasnya masih bagus.

Ingat, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu tentang kondisi mobil bekas yang Anda beli. Jangan langsung percaya janji manis sales mobil yang menjualnya pada Anda.

3. Baju

Anda bisa mendapatkan baju bagus bekas dari keluarga, atau pun teman daripada menghabiskan banyak bujet untuk berbelanja di butik.

Jika Anda teliti, sesekali pergilah ke lapak baju bekas untuk mencari pakaian yang masih sangat layak pakai. Tapi ingat, Anda harus mencucinya, agar steril dari kuman dan penyakit.

4. Tas desainer ternama

Tas vintage dari merek desainer tas ternama? Wow, selain bergaya unik tentu nilai estetikanya tak kalah menarik.

Jangan ragu membeli tas bekas desainer tersohor di toko lokal, atau Anda bisa membelinya secara online.

5. Furnitur

Furnitur bekas tak kalah menarik untuk ditambahkan pada item belanja barang bekas Anda. Beberapa mebel berbahan dasar kayu kualitasnya akan tetap bagus meski telah dipakai beberapa waktu.

Anda bisa membeli di toko lokal, atau pun mencarinya di toko online.

6. Baju pengantin

Membeli baju pengantin bekas, bukan berarti meruntuhkan kesakralan pernikahan Anda. Jika itu menjadi salah satu cara berhemat, kenapa tidak? Toh, baju pengantin hanya Anda pakai seumur hidup. Atau, bisa memanfaatkan baju pengantin bekas milik ibu maupun kakak Anda.

7. Peralatan bayi

Kereta bayi, mainan, dan pakaian bayi tak akan digunakan dalam jangka waktu lama. Jika bayi tumbuh besar, peralatan itu tak akan berguna lagi dan hanya akan menumpuk di gudang.

Jadi untuk berhemat, Anda bisa membeli barang-barang tersebut yang bekas pakai saja.

Jangan gengsi untuk membeli barang bekas karena yang penting adalah utilitas barang tersebut, bukan prestise maupun kebanggaan semata.

Jika itu salah satu cara terbaik untuk berhemat dan membuat arus kas keuangan keluarga Anda lebih baik, mengapa tidak?

 

Artikel ini dipersembahkan oleh HaloMoney