Belajar Lebih dengan Mengetahui Apa Beda Saham dan Index Saham

By on September 1, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 336 kali

Investasi Saham – Bagi masyarakat awam, banyak yang masih belum mengetahui mengenai apa beda saham dan index saham . Namun hal ini sudah tidak asing lagi bagi orang-orang yang sudah terbiasa dengan dunia investasi. Istilah yang sudah tidak asing di telinga masyarakat adalah IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan).

Apa Itu Saham?

Saham merupakan surat tanda kepemilikan terhadap suatu perusahaan. Transaksi saham dilakukan di bursa efek. Biasanya perusahaan akan menerbitkan saham mereka melalui proses IPQ (Initial Public Offering). Ketika perusahaan menerbitkan saham, berarti perusahaan tersebut telah menjual sebagian kepemilikannya kepada publik. Dengan menerbitkan saham, perusahaan akan mendapatkan dana yang dapat digunakan untuk operasional, ekspansi atau tujuan lainnya. Nilai sebuah perusahaan juga bisa dengan mudah diukur dengan menerbitkan saham. (Baca: Tips Memilih Saham Berkualitas dengan Peluang Profit Lebih Besar)

Saham akan menawarkan keuntungan kepada publik yang dikenal sebagai dividen atau capital gain. Dividen adalah pembagian keuntungan yang diperoleh perusahaan kepada para pemegang saham baik itu sebagian atau keseluruhan. Biasanya dividen dibagikan kepada para pemegang saham dalam periode tertentu, seperti periode waktu 3 bulan, 6 bulan, dan ada juga yang satu tahun. Sedangkan capital gain adalah selisih dari harga beli dan harga jual saham. Untuk mendapatkan keuntungan, biasanya pemegang saham akan menjual saham yang dimilikinya ketika harga saham sedang tinggi melebihi harga belinya.

Untuk mengetahui apa beda saham dan index saham , kenali juga jenis-jenis saham. Ada dua jenis saham, yaitu saham biasa (common stock) dan saham preferen (preffered stock). Dari dua jenis saham tersebut, saham biasa lebih sering ditransaksikan di bursa saham. Yang membedakan saham biasa dengan saham preferen adalah hak dan kewajibannya. Saham preferen biasanya diterbitkan secara terbatas. (Baca: Bagaimana Cara Mengetahui Apakah Saham Perusahaan Tersebut Berkualitas atau Sekarat?)

Investasi saham merupakan investasi yang memiliki risiko tinggi karena harganya mengalami pergerakan yang cepat. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi pergerakan harga saham, misalnya kinerja perusahaan, laporan keuangan perusahaan, kondisi ekonomi, harga komoditas dunia, estimasi bisnis perusahaan di waktu yang akan datang, dan masih banyak lagi.

Apa Itu Indeks Saham?

Di bursa saham dunia, tidak hanya mengenal satu indeks saja. Misalnya di Amerika Serikat terdapat S&P500, Nasdaq, dan Dow Jones. Di BEI sendiri terdapat IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) yang sudah tidak asing di telinga kita, ada juga Jakarta Composite Indeks (JCI), Jakarta Islamic Index (JII), indeks LQ45, indeks sektoral, serta indeks individual. Selain indeks utama tersebut, ada juga indeks lainnya seperti Kompas-100 dan Bisnis-27.
Di bursa efek terdapat berbagai saham yang diterbitkan oleh banyak perusahaan. Indeks saham berfungsi sebagai indikator untuk melihat kinerja bursa tersebut.

Pada 1 April 1983, IHSG pertama kali diperkenalkan kepada publik. Fungsi dari IHSG antara lain adalah:

· Penanda arah pasar
Dengan melihat pergerakan angka IHSG, kita bisa mengetahui kondisi harga saham saat ini. IHSG merupakan indikator utama kinerja bursa saham.

· Pengukur tingkat keuntungan
Dengan melihat pergerakan harga saham selama beberapa tahun, kita dapat menghitung seberapa besar keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi di pasar saham.

· Tolak ukur kinerja portofolio
Dengan IHSG, Anda bisa membandingkan kinerja reksadana maupun portofolio saham yang Anda miliki. Misalnya IHSG naik sebanyak 214% dalam lima tahun terakhir, kinerja reksadana ataupun portofolio yang Anda miliki harus berada di atas angka tersebut. Jika tidak, Anda bisa mengganti strategi.

Dengan melihat informasi di atas, kita dapat mengetahui apa beda saham dan index saham.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty