Belajar Investasi Reksadana: Ketahui 5 Kategorinya

By on October 30, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3,373 kali
Reksadana Mutual Funds

Belajar Investasi Reksadana: Ketahui 5 Kategorinya

Belajar investasi reksadana bukan hal yang sulit, tergatung sepaham apa Anda tentang salah satu jenis investasi ini. Namun, apa yang Anda ketahui tentang jenis investasi ini? Ya, bagi Anda yang belum mengetahui tentang reksadana adalah suatu tempat investasi di mana uang/modal/dana yang dikumpulkan dari banyak orang atau masyarakat demudian dikelola dan diinvestasikan di pasar modal. Bila Anda kaum wanita, mungkin Anda berpikir bahwa reksadana sama dengan arisan. Bisa dikatakn seperti itu, tetapi uang yag terkumpul biasanya dikelola dalam jangka waktu untuk bisnis investasi. Produknya ada berbagai macam, di antaranya adalah obligasi atau surat utang, saham, deposito, dan terkahir surat utang jangka pendek.

Dan yang terkumpul itulah akan dikelola oleh seorang manajer investasi. Manajer investasi ini akan mengelola dana yang ada. Tak hanya mengelola, ia juga akan meluncurkan dan menawarkan kepada masyarakay baik secara langsung. Seorang manajer investasi tidak bisa dipilih begitu saja. Ia harus memiliki izin sebagai seorang Wakil Manajer Investasi. Sedangkan bagi yang menawarka kepada masyarakat harus memiliki izin Wakil agen penjual efek reksadana (WAPERD).

Macam-macam Reksadana

Belajar mengenai investasi reksadana tidak hanya tentang pengertiannya saja, tertapi bagian-bagiannya. Ya, reksadana memang terbagi menjadi beberapa hal, di antaranya:

1.    Reksadana Saham

Di antara macam reksadana yang ada, reksadana saham ternyata mampu memberikan keuntungan yang paling tinggi. Namun, bukan berrati Anda langsung memutuskan berinvestasi reksadana. Pelajarilah beberapa hal di dalamnya. Reksdana saham memberikan jalan bagi Anda yang ingin membeli saham dengan dana yang terbatas.

2.    Reksadana Pendapatan Tetap

Reksadana tetap atau biasa disebut dengan reksadana obligasi, membuat aset Anda berkembang dalam bentuk surat utang.

3.    Reksadana Campuran

Reksadana campuran adalah jenis investasi yang merupakan gabungan antara reksadana saham, obligasi dan deposito, dan reksadana pasr uang. Reksadana daat dikatakans ebagai jenis investasi yang paling fleksibel. Yang membedakan di antara yang lain, dalam mengatur alokasi penempatan dana dapat dilakukan secara fleksibel.

4.    Reksadana Pasar Uang

Hati-hati dan jangan sampai terkecoh dengan jenis investasi reksadana satu ini. Investasi ini merupakan reksadana di mana 100% dananya dikelola pada instrumen pasar uang bukan mengenai mata uang. Reksadana pasar uang sangat cocok bagi Anda yang terbiasa dengan deposito.

5.    Reksadana Indeks

Reksadana jenis ini memiliki berbagai keunikan. Sekilas, reksadana jenis ini mirip dengan reksadana saham. Namun, sangat berbeda. Perlu Anda ketahui bahwa reksadana jenis ini memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan reksadana jenis yang lain. Mereka yag akan berinvestasi jenis ini harus siap menghadapu fluktuasi imbal hasil yang tinggi, tetapi sebanding dengan keuntungan yang didapat.

Untuk Anda yang masih bingung akan memilih apa, pastikan hal-hal yang sesuai dengan kemampuan diri sendiri. Pilihlah yang akan menguntungkan Anda. Selamat berinvestasi.

Incoming search terms: