Belajar Fokus untuk Menjadi Trader yang Mumpuni

By on March 15, 2017 | Artikel ini Sudah di baca 389 kali

Perbedaan paling signifikan antara trader amatir dan trader profesional adalah cara berpikir dan mindset mereka. Kebanyakan trader pemula terlalu fokus pada profit yang akan mereka peroleh. Sedangkan trader profesional akan lebih memikirkan pengetahuan dan juga skill untuk menjadi trader yang mumpuni. Mereka biasanya akan lebih tertarik kepada seni membaca pergerakan harga di trading chart, dibanding harus menebak-nebak keuntungan dan kerugian yang akan dialami.

Penguasaan Diri Menentukan Kesuksesan Bertrading

Kedisiplinanan adalah ciri khusus pada seorang trader profesional. Apapun yang terjadi, mereka terus konsisten dalam mengikuti rencana trading. Rencana trading bisa rusak jika seorang trader terlalu dikuasai oleh emosi. Bersikap objektif merupakan fokus untuk menjadi trader yang mumpuni. Demi menghindari pengaruh emosi dalam trading, Anda seharusnya melakukan trading menurut apa yang Anda lihat dan bukannya yang Anda pikirkan.

Mengubah Fokus dari Sekedar Mendapat Profit ke Fokus Untuk Menjadi Trader yang Mumpuni

Sebenarnya, fokus untuk mendapat profit adalah hal yang manusiawi. Apalagi jika mengingat jika profit sebesar mungkin adalah tujuan utama dalam trading. Namun faktor-faktor lainnya bisa begitu saja terabaikan jika Anda terlalu fokus pada pikiran tersebut. Padahal faktor-faktor tersebut bisa saja menunjang profit yang memadai dan konsisten.

Trading akan menjadi tidak obyektif ketika emosi Anda ikut bermain kedalamnya. Biasanya hal ini terjadi jika Anda terlalu fokus pada profit. Kenyataannya, sulit mencegah terjadinya hal seperti ini. Namun Anda bisa meminimalisir pengaruh dari emosi dengan fokus pada money management dan penguasaan strategi trading.

Metode dan strategi trading bisa mudah berkembang jika Anda disiplin dalam rencana trading Anda. Dengan begitu, hasil yang Anda dapatkan juga bisa konsisten. Anda tentu tidak mau hanya jalan ditempat, bukan? Anda akan mudah tertinggal jika tidak mengikuti arus gerak pasar forex yang dinamis. Karena inilah, trader-trader profesional tidak pernah ada habisnya belajar dari waktu ke waktu.

Setiap kali entry, Anda harus bisa menetapkan risk/reward ratio untuk mengevaluasi dan mengatur skor trading atau profit yang seharusnya dicapai. Jumlah balance awal juga harus diperhatikan dalam hal profit atau loss. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah menetapkan target profit dan stop-loss yang realistis dan logis dalam per bulan, per minggu, atau per hari. Untuk hal ini, Anda bisa menjadikan hasil demo trading yang pernah Anda lakukan sebagai acuan untu Anda.

Tinggalkan trading yang tidak efisien sekarang juga, dengan fokus untuk menjadi trader yang mumpuni. Perhatikan money management dan strategi trading yang Anda pilih. Seiring dengan berjalannya waktu, pengetahuan dan pengalaman Anda akan terus berkembang dan pastinya berdampak kepada hasil trading Anda. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty