Belajar Dari Startup Bisnis Online yang Sudah Sukses

By on July 8, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 835 kali

Inspirasi Bisnis – Untuk menambah semangat Anda dalam mewujudkan cita-cita memiliki bisnis online, Anda bisa belajar dari mereka yang sudah berpengalaman. Pasalnya, pebisnis online yang saat ini sukses pun dulunya memulai bisnisnya dari kecil.

Bahkan, tidak jarang mereka harus melewati berbagai kegagalan sebelum meraih kesuksesan sekarang ini. Berikut ini beberapa cerita sukses startup bisnis online yang perlu Anda pelajari dan praktekkan pada bisnis online milik Anda. (Baca: Tips Membuka Bisnis Online)

Startup Bisnis PriceArea

Bagi Anda yang suka sekali berbelanja secara online pasti mengetahui apa itu PriceArea. Jangan dikira bahwa pendirinya, Andry Suhaili langsung sukses dengan website bisnisnya ini. Perlu Anda ketahui bahwa sebelum sukses dengan PriceArea, Andry telah gagal di beberapa perusahaan yang dia dirikan.

Namun, ia tidak berlarut-larut dengan kegagalan tersebut. Ia terus bangkit dan tidak menyerah hingga saat ini. Uniknya, saat mengawali karier sebagai seorang pebisnis, Andry mengawalinya dari sebuah garasi di rumahnya. Pegawainya pun hanya 2 orang saja.

Menurutnya, menjadi seorang pebisnis adalah jalur menuju kesuksesannya. PriceArea yang didirikan pada tahun 2008 dan dari bisnis online yang ia jalankan ini, Andry ingin menawarkan sesuatu yang baru saat berbelanja secara online. Dari cerita singkat ini, Anda perlu mengetahui bahwa kunci sukses menjalankan bisnis online adalah pantang menyerah.

Jika gagal coba lagi dengan pengalaman kegagalan sebelumnya. Dengan cara ini, PriceArea bisa bertahan dan sukses hingga saat ini. (Baca: 4 Persiapan Start Up Bisnis Online)

Startup Tiket.com

Bisnis pemesanan tiket secara online ini berkembang dengan pesat. Didirikan pertama kali pada tahun 2011 oleh Natali. Sebelum sukses dengan bisnis onlinenya Tiket.Com. Natali juga mengalami jatuh bangun.

Sekali lagi, Natali juga tidak menyerah begitu saja. Ia sudah beberapa kali membuat bisnis online dan berakhir dengan kegagalan. Setelah bertahan selama 5 tahun, kini bisnis online miliknya menjadi website populer khususnya bagi mereka yang ingin memesan tiket, travel, dan hotel di Indonesia.

Selain pantang menyerah, Natali mengatakan bahwa kunci suksesnya ada pada promosi. Startup bisnis online tidak akan berhasil tanpa promosi atau pemasaran yang konsisten. Promosi dan pemasaran juga tidak akan berjalan dengan baik tanpa tim pemasar yang baik dan ulet.

Natali telah membuktikan bahwa tim pemasaran yang ulet dan kompak membuat bisnis onlinenya berkembang pesat. Jadi, saat ingin memasarkan produk Anda lebih besar lagi, carilah tim pemasar yang handal dan pantang menyerah. Dengan begitu, produk Anda akan lebih cepat tersebar dan terjual. (Baca: Tips Agar Tidak Kalah Bersaing dengan Kompetitor Dalam Bisnis Online)

Startup BukaLapak

Sama halnya dengan 2 cerita di atas, BukaLapak.Com juga diawali dari berbagai kegagalan. Pemilik bisnis online ini, Achmad Zaky pernah menjalankan bisnis mie namun belum mendapatkan hasil yang memuaskan. Setelah itu, ia berpikir untuk menjalankan bisnis lain hingga terpikir untuk mendirikan BukaLapak.Com. Hingga kini, website ini merupakan marketplace online terbesar di Indonesia. Achmad Zaky sendiri menyarankan kepada Anda yang masih muda untuk segera mewujudkanstartup bisnis online Anda.

Pasalnya, semakin tua maka akan semakin banyak pertimbangan. Anak muda cenderung gesit dan konservatif. Semakin cepat gagal akan semakin cepat belajar dan semakin cepat menemukan formula yang baik untuk startup bisnis online.

Intinya, tidak masalah jika Anda harus gagal asalkan Anda belajar dan terus bergerak. BukaLapak.com berkembang dari spirit seperti ini dan Anda sudah melihat sendiri buktinya.

Startup NulisBuku

Banyak sekali penulis yang ingin menerbitkan buku mereka sendiri. Sayangnya, penulis-penulis tersebut seringkali mengeluh kesulitan untuk menerbitkan buku mereka. Berdasarkan kendala ini, Ollie membesut NulisBuku.
Website ini didesain bagi mereka yang ingin menerbitkan buku secara mandiri atau self publishing. Sudah ribuan buku yang berhasil diterbitkan oleh website ini. Selain menyediakan jasa self publishing, NulisBuku juga membantu penulis agar mereka mudah dalam menerbitkan buku seperti jasa pembuatan kaver buku dan lain sebagainya. Menurutnya, saat menjalankan startup, Anda harus terbuka dengan perubahan dan harus mau bekerja sama atau berkolaborasi.