Beberapa Hal yang Perlu di Ketahui Sebelum Investasi Saham

By on November 16, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 287 kali

Investasi Saham – Sesuaikan target dengan kemampuan, seringkali menjadi topik yang sering kita dengar ketika melakukan investasi saham, hal ini bukannya tanpa alasan mengingat dalam berinvestasi terutama di bidang saham banyak yang dapat terjadi termasuk kondisi disaat pergerakan bursa mengalami penurunan. Sebagai seorang investor tentunya akan dihadapkan oleh dua hasil investasi, apakah dapat mencapai target keuntungan atau justru mengalami gagal meraih target keuntungan dan mengalami kerugian investasi. Walaupun keadaan bursa sedang buruk, namun baiknya kemampuan dalam menganalisa pasar dan menetukan besaran terget keuntungan yang diinginkan juga dapat menjadi jalan bagi Anda untuk memperoleh keuntungan dari investasi saham yang dibeli.
Seringkali hasil investasi maupun besaran bunga yang hanya diperoleh dari keuntungan dirasa tidak cukup bagi para investor. Sebagai contohnya adalah kisaran 10% akan terasa lebih kecil jika ditinjau dari berbagai faktor termasuk kenaikan harga dari beberapa saham tertentu yang dapat mencapai rata-rata hasil investasi hingga 30% pertahunnya di IHSG. Kemampuan yang dimiliki setidaknya dapat membantu Anda dalam menentukan target dari rata-rata hasil investasi yang diinginkan.

Sebelum melakukan investasi, terutama bagi para pemula yang belum pernah terujun di dunia investasi saham, Cosmopolitan Indonesia menjabarkan beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak salah langkah diantaranya adalah:

1. Menentukan Tujuan Investasi

Sebelum melakukan investasi, akan lebih baik jika Anda memastikan terlebih dahulu mengenai tujuan Anda dalam berinvestasi apakah untuk mengembangkan dana yang Anda miliki atau untuk tujuan keuangan lainnya. Hal ini turut menentukan jenis investasi yang akan Anda ambil apakan jangka panjang, jangka pendek atau investasi lainnya. Setelah mengetahui mengenai tujuan berinvestasi, langkah selanjutnya adalah menentukan target atau return yang Anda inginkan.

2. Menentukan Target

Menentukan target sangat diperlukan dalam berinvestasi saham, agar investasi saham yang Anda beli menjadi lebih terarah. Target yang akan dicapai ini ditentukan ketika Anda melakukan proses pembelian saham di pasar modal. Pencapaian target dimaksud untuk mengetahui dan menentukan jumlah dana yang diinginkan untuk dicapai sebagai return, dengan harapan saham tersebut dapat mengalami kenaikan harga sehingga dapat meraih keuntungan yang besar. Anda tentu harus sesuaikan target dengan kemampuan.

3. Menentukan Waktu

Investor dibedakan menjadi dua tipe yaitu investor jangka pendek serta investor jangka panjang. Biasanya investor jangka pendek hanya mencangkim mengenai kapan waktu untuk membeli serta untuk menjual saham, sementara investor jangka panjang mempunyai cangkupan yang lebih luas dengan turut  memperhatikan jenis saham yang akan dibeli ataupun dijual, dan memperkirakan pada harga berapa investor dapat membeli ataupun menjual saham tersebut. Mengingat investasi saham jangka panjang lebih unggul dari pada investasi jangka pendek maka jika Anda akan memulai untuk melakukan investasi saham, disarankan untuk memilih menjadi investor jangka panjang. Selain itu investasi saham yang ditetapkan dalam waktu jangka panjang akan memberikan hasil yang lebih terasa jika dibandingkan dengan jangka pendek.

4. Mengukur Kemampuan

Return atau imbalan dalam investasi saham berperan penting dalam menentukan hasil investasi yang Anda lakukan, karena semakin tinggi return yang diperoleh dari hasil investasi maka semakin tinggi pula resikonya. Begitupula jika return hasil investasi yang peroleh rendah maka semakin rendah pula resikonya.

Sebelum melakukan investasi saham, Anda diharuskan untuk membekali diri dengan pengetahuan yang luas baik itu mengenai jenis saham maupun mengenai stock market. Selain mempunyai kemampuan dalam menganalisa pasar saham, Anda juga harus mengimbanginya dengan hal yang paling krusial yaitu mempunyai emotional intelligence yang akan membuat Anda mempunyai mental yang kuat serta tidak tergesa-gesa. Itulah sebabnya kenapa pandai mengukur kemampuan menjadi hal yang penting dalam berinvestasi saham karena dengan begitu Anda dapat sesuaikan target dengan kemampuan yang dimiliki.