Beberapa Hal yang Menjadi Pertimbangan Sebelum Memutuskan Kredit Mobil

By on May 20, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 249 kali

Perencanaan Keuangan – Beragam aktivitas di luar rumah dan tingginya mobilitas akibat tuntutan pekerjaan menjadi alasan banyak orang untuk segera memiliki sebuah mobil sebagai kendaraan pribadi. Hal ini dianggap sah saja dilakukan, apalagi beberapa waktu belakangan ini mobil bukan lagi sebuah aset yang sulit untuk bisa dimiliki.

Seringkali seseorang justru mengalami kesulitan keuangan setelah melakukan pembelian sebuah mobil, terutama mereka yang melakukannya secara kredit dan harus memenuhi cicilan bulanan yang jumlahnya cukup besar. Cicilan inilah yang kemudian sering membawa masalah dan beragam kesulitan keuangan di hari yang akan datang, di mana pada umumnya cicilan ini akan berlangsung selama kurun waktu 2-3 tahun, cukup memberatkan bila ternyata tidak dilakukan perhitungan cermat sebelum mengambilnya. Hal pertama yang selalu menjadi masalah dalam cicilan sebuah mobil adalah besaran atau jumlahnya yang seringkali tidak disesuaikan dengan kondisi keuangan, seseorang sering memaksakan dirinya untuk mengajukan pembelian mobil dengan cicilan bulanan yang jumlahnya di luar kemampuan bayarnya.

Saat cicilan bulanan tersebut berada di luar kemampuan bayar, maka bisa dipastikan bahwa kredit mobil tersebut akan mengalami gagal bayar dan akhirnya cicilan menjadi macet di tengah jalan. Sangat disayangkan bukan, mengingat Anda telah mengeluarkan sejumlah dana yang tidak sedikit sebagai uang muka dan berbagai macam biaya saat mengajukan kreditnya.

Pertimbangan Sebelum Mengajukan Kredit Mobil

Untuk itu sangat penting berhati-hati dan memperhitungkan kondisi keuangan dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda akan sebuah kendaraan, karena saat ini ada banyak jenis mobil murah yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan. Hal tersebut tentu saja tidak akan membebani keuangan Anda dengan cicilan dalam jumlah yang terlalu besar. Ketika memutuskan untuk membeli sebuah mobil, maka jangan pernah memaksakan diri untuk bisa membeli jenis mobil tertentu yang harganya di luar kemampuan Anda.

Berikut beberapa poin yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan sebelum membeli mobil:

1. Beli yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Hal utama yang patut untuk Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan adalah kebutuhan Anda akan sebuah mobil itu sendiri, apakah saat ini hal tersebut benar-benar dibutuhkan dan sudah tak bisa ditunda lagi?

Pastikan Anda tidak membeli sesuatu yang tidak begitu perlu, hal ini juga berlaku pada mobil yang akan Anda beli nanti. Pertimbangkan dengan matang hal ini, agar Anda tidak menyesal dan membeli mobil hanya sebagai sebuah pajangan saja di garasi Anda tanpa pernah digunakan secara maksimal.

2. Pilih Jenis Mobil yang Murah

Meski tergolong murah, namun tetap saja pembelian sebuah mobil akan melibatkan uang dalam jumlah puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah. Untuk itu Anda perlu mempertimbangkan dengan matang, ada 2 pilihan mobil murah yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Pertama membeli mobil dalam kondisi baru, di mana sekarang ini ada banyak jenis mobil baru yang berada pada kisaran harga 100 jutaan saja dan bisa dipastikan bahwa fitur dan fasilitasnya jauh dari mobil canggih dan mewah. Yang kedua adalah membeli mobil dalam kondisi bekas, dalam hal ini Anda akan dituntut untuk memiliki keahlian khusus untuk melihat kondisi dan keadaan mobil tersebut agar tidak membeli mobil bekas dalam kondisi yang buruk dan beresiko menghabiskan banyak dana dalam perawatannya kelak.

3. Sesuaikan Dengan Keuangan

Menyesuaikan dengan kondisi keuangan Anda merupakan hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan, terutama bagi Anda yang telah memiliki tanggungan anak dalam usia sekolah, yang mana hal tersebut akan membutuhkan banyak sekali biaya. Bila ternyata Anda tidak memiliki sejumlah dana atau tabungan yang khusus untuk sekolah anak, maka ada baiknya Anda menunda untuk membeli mobil di saat ini.

Saat akan membeli sebuah mobil, maka berbagai macam hutang atau cicilan lainnya juga patut untuk Anda pertimbangkan. Misalnya cicilan Kredit Kepemilikan Rumah, bila ternyata hingga saat ini Anda masih memiliki cicilan KPR maka ada baiknya menunda pembelian mobil tersebut hingga KPR tersebut selesai.

4. Lakukan Simulasi

Pastikan Anda telah melakukan sebuah simulasi pada keuangan Anda terlebih dahulu, sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah mobil. Hal ini akan membantu Anda untuk memiliki sebuah gambaran keuangan dan kemampuan bayar Anda akan cicilan mobil yang akan Anda ambil. Anda bisa melakukan hal ini dengan cara menghitung jumlah tabungan yang ada saat ini dan membuat sebuah simulasi yang disesuaikan dengan perbandingan persentase penghasilan setiap bulannya. Dalam hal ini hanya penghasilan tetap yang akan dihitung dan penghasilan tidak tetap yang sifatnya tidak menentu tidak akan dimasukkan.

Jumlah maksimal uang cicilan : 30%

Biaya hidup : 50%

Tabungan : 10%

Hiburan : 10%

Dalam kondisi persentase seperti di atas, jika jumlah cicilan yang akan Anda keluarkan adalah kurang dari 30%, maka kondisi keuangan Anda masih tetap aman dengan jumlah cicilan tersebut. Namun jika cicilan lebih dari 30%, maka bisa dikatakan Anda akan mengalami kesulitan dalam membayar cicilan setiap bulannya atau Anda akan mengalami kesulitan untuk memenuhi segala kebutuhan hidup anda.

Seluruh komponen yang telah dibagi tersebut haruslah terpenuhi dan dalam jumlah yang benar, hal ini akan membantu Anda untuk tetap bisa mengatur keuangan Anda dengan baik. Bila ternyata mengajukan kredit mobil membuat salah satu komponen tersebut menjadi tidak terpenuhi, maka ada baiknya Anda memikirkan kembali rencana membeli mobil tersebut karena sepertinya hal ini berada di luar kemampuan yang Anda miliki.

Kesalahan Dalam Membeli Sebuah Mobil

Beberapa poin di atas seharusnya bisa memberikan Anda gambaran dan membantu Anda dalam mengambil keputusan yang paling tepat. Bila ternyata membeli mobil adalah sebuah keputusan yang sudah bulat, maka ada baiknya Anda menghindari beberapa poin di bawah ini yang sering menjadi kesalahan orang saat akan membeli sebuah mobil:

1. Wajib Beli Baru

Ada banyak orang yang memaksakan dirinya untuk membeli sebuah mobil baru dengan berbagai macam fitur dan kelebihan di dalamnya, hal ini adalah sebuah kesalahan, terutama bila ternanyata Anda tidak memiliki kemampuan bayar yang mencukupi.

Tanya kepada diri Anda sendiri, apakah mobil baru memang benar-benar wajib untuk Anda miliki saat ini? Tidak ada salahnya membeli mobil bekas yang kondisinya masih cukup bagus, Anda hanya perlu sedikit kerja keras dan jeli dalam melihat-lihat kondisi mobil tersebut sebelum Anda beli.

2. Kesampingkan Kebutuhan

Jangan memaksakan diri untuk memiliki sebuah mobil yang fungsinya tidak sesuai dengan kebutuhan Anda sehari-hari, terutama Anda yang telah berkeluarga ada baiknya Anda memilih jenis mobil keluarga yang bisa digunakan untuk kebutuhan seluruh anggota keluarga.

3. Tidak Melakukan Perbandingan

Anda harus cermat saat akan membeli sebuah mobil, di mana hal ini akan melibatkan uang Anda dalam jumlah yang sangat besar. Lakukan perbandingan untuk melihat jenis mobil terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan anda. Saat ini Anda dengan mudah bisa melakukannya melalui internet, di mana hal tersebut bisa membantu Anda untuk mendapatkan informasi mengenai harga terbaik dan jenis mobil paling pas untuk anda.

4. Mengambil Cicilan yang Salah

Ada banyak leasing yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan, Anda hanya perlu pintar dan jeli dalam melakukan perhitungan dan perbandingan antara satu leasing dengan leasing yang lainnya. Jangan memilih uang muka yang rendah, bila Anda memiliki sejumlah dan yang cukup besar, maka ada baiknya Anda membayarkan uang muka lebih besar dari ketentuan leasing. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih mudah membayar sisa cicilannya dan mendapatkan bunga yang lebih ringan karena tenor yang tidak terlalu lama.

5. Tidak Menyertakan Asuransi

Sebagian besar orang akan mengabaikan asuransi dan menganggapnya tidak terlalu penting untuk dimiliki. Padahal asuransi akan sangat membantu Anda dalam mengatasi resiko kerugian yang diakibatkan oleh berbagai macam hal terkait dengan mobil yang Anda miliki, karena itu jangan sepelekan hal ini.

Lakukan Perhitungan dan Beli Dengan Cermat

Membeli mobil harus Anda lakukan dengan sebuah perhitungan yang matang, sesuaikan jumlah dana yang Anda miliki saat ini dan kemampuan Anda untuk membayar cicilannya di hari yang akan datang. Jangan memaksakan diri membeli mobil di luar kemampuan Anda, pilih dan sesuaikan jenis mobil yang tepat untuk segala kebutuhan Anda.

 

 

 

Artikel Ini Dipersembahkan Oleh Cermati

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty