Banyak Bursa Libur, Harga Emas Cenderung Bergerak Flat

By on May 1, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3,675 kali
Emas

Banyak Bursa Libur, Harga Emas Cenderung Bergerak Flat

Harga emas cenderung bergerak flat pagi ini (1/5). Pasar mengkhawatirkan penurunan kepemilikan emas dalam produk exchange trade fund (ETF) yang mencapai rekor. Namun di sisi lain, ada harapan bahwa Federal Reserve akan melanjutkan program pembelian asetnya. Sementara di hari buruh ini, banyak bursa dunia yang libur.

Harga emas untuk pengiriman segera tergerus 0,07% ke US$ 1.475,67 per ons pukul 07.51 WIB. Sedangkan kontrak emas di bursa Comex, New York, naik 0,17% ke US$ 1.474,60

Hari ini bursa di China, Hong Kong, India, South Korea, Taiwan, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam dan Filipina libur.

Harga emas sudah rebound 12% sejak menyentuh level terlemah dalam dua tahun pada 16 April lalu. Selama bulan April kemarin, harga emas tumbang 7,6%. Ini merupakan penurunan bulanan terbesar emas sejak Desember 2011.

Di waktu yang sama, aset emas produk ETF anjlok 174 metrik ton, penurunan terbesar sejak produk ini dibuat. Kemarin, aset emas ETF mencapai 2.275,84 ton. Ini yang terendah sejak Oktober 2011.

Namun, investor masih menantikan hasil pertemuan Fed hari ini. “Takkan ada perubahan dalam pendirian Fed terhadap Quantitative Easing. Emas takkan mendapat tekanan penurunan dari mereka pesimis berkata QE tamat,” kata David Lennox, analis Fat Prophets di Sydney. (Rika Theo, Kontan)