Bagaimana Mendapatkan Dana Untuk Start Up Anda? Simak Tipsnya Berikut Ini

By on August 19, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 282 kali

Start-Up Bisnis – Finansial adalah salah satu hal yang bisa mendukung berkembangnya bisnis start up Anda. Namun bagaimana cara mendapatkan dana untuk start up ? Untuk mendapatkan dana yang cukup bagi bisnis Anda, Anda bisa mendekati Venture Capital untuk bisa mendapatkan dana. Mendekati venture capital merupakan cara yang dipilih founder untuk mendanai bisnis start up mereka. Namun sebelum itu, pastikan terlebih dahulu apakah bekerja sama dengan venture capital merupakan jalan yang tepat bagi start up Anda.

Jika bisnis Anda merupakan bisnis yang berisiko tinggi, kemungkinan VC akan mengambil porsi yang cukup besar dalam perusahaan Anda sehingga mereka bisa ikut campur dalam pengambilan keputusan. Bisa menarik VC untuk mendanai start up bisnis merupakan jalan yang paling tepat bagi Anda yang membutuhkan dana bagi bisnis start up ketika Anda tidak bisa mendapatkan bantuan finansial, baik dari keluarga, teman, maupun dari pinjaman bank.
Salah satu cara mendapatkan dana untuk start up adalah dengan menarik perhatian VC, sehingga mereka akan berinvestasi pada bisnis Anda. Berikut ini karakteristik bisnis yang bisa menarik perhatian VC:
1. Memiliki ide yang unik dan menarik, sehingga ide tersebut tidak bisa ditiru oleh orang lain
Agar venture capital tertarik untuk berinvestasi pada bisnis Anda, bisnis Anda haruslah bisnis dengan ide yang menarik dan segar. Dengan ide yang unik dan menarik, bisnis Anda akan mudah diterima oleh pasar. Jika sudah menemukan ide yang unik dan menarik, sebaiknya Anda patenkan supaya startup Anda bisa memiliki ruang yang leluasa untuk berkembang pesat.

2. Pastikan bisnis start up Anda mempunyai nilai yang lebih tinggi dari yang lainnya
Anda harus bisa menunjukkan bahwa start up Anda mempunyai nilai lebih dibanding para pesaing. Karena venture capital sudah sangat paham terhadap bisnis start up, menunjukkan nilai lebih dari start up yang Anda miliki merupakan hal yang sangat penting untuk menarik perhatian mereka.
Investor akan melihat seberapa besar peluang pasar dari produk yang Anda hasilkan. Yakinkan investor bahwa Anda memiliki peluang pasar yang cukup besar dan matang.

3. Tunjukkan daya tarik dari produk Anda
Hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah daya tarik produk Anda diterima oleh customer. Salah satu cara untuk melihat seberapa besar customer tertarik dengan produk Anda adalah dengan melihat jumlah dan kualitas customer awal. Menunjukkan traction pasar juga bisa dilakukan berkali-kali untuk bisa mendapatkan perhatian investor.

4. Memiliki tim yang sempurna
Memiliki tim yang solid, handal, dan sempurna merupakan salah satu hal yang bisa menarik perhatian VC. Ketika memulai bisnis start up, tidak sedikit yang langsung berhasil. Hal itu bisa disebabkan oleh faktor produk yang kurang sempurna dan kurang sesuai dengan kebutuhan pasar. Namun untuk membuat start up bisa berhasil, mereka akan melakukan pivot yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar maupun perubahan pada industri.
Membangun tim yang tepat bisa menentukan kualitas start up Anda sehingga investor akan tertarik untuk berinvestasi. Tim yang sempurna akan membuat venture capital yakin untuk menginvestasikan dana mereka. Selain solid dan handal, tim yang sempurna adalah tim yang memiliki keahlian yang dibutuhkan, serta memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan industri.

Nah itulah karakteristik start up yang bisa menarik perhatian venture capital sehingga Anda bisa mendapatkan dana untuk start up Anda.