Bagaimana Memulai Bisnis Fashion?

By on August 3, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 664 kali

Inspirasi Bisnis – Saat ini perkembangan bisnis fashion di Indonesia berkembang dengan pesat. Banyak sekali orang yang tertarik untuk memulai bisnis fashion sebagai pekerjaan sampingan atau pekerjaan utama. Bahkan para selebriti di Indonesia seakan berlomba-lomba untuk terjun ke bisnis ini. Meskipun pakaian merupakan kebutuhan sekunder, tidak dipungkiri bahwa permintaan akan pakaian tidak pernah sepi. Trend mode pakaian yang semakin berkembang dari waktu ke waktu juga menjadi alasan untuk menekuni bisnis ini. (Baca juga: Peluang Bisnis Cafe: Berikut Langkah – Langkah Membuka Bisnis Cafe)

Selain membuat pakaian dan brand sendiri, sebagian besar orang memilih untuk membeli pakaian secara grosir kemudian dijual kembali. Itu karena pembelian secara grosir dapat memberikan keuntungan yang besar, yaitu dapat dijual kembali dengan meraih keuntungan 100% – 200% pada setiap pakaian. Dari baju import sampai baju lokal, bisnis ini akan memberikan omzet yang cukup besar, mulai dari puluhan bahkan sampai ratusan juta rupiah dalam satu bulan. Selain itu bisnis fashion juga mempunyai prospek jangka panjang dan diprediksi tahun-tahun berikutnya akan semakin meningkat.

Ada beberapa tips yang harus diperhatikan untuk memulai bisnis fashion, antara lain: (Baca juga: Inspirasi: Bagaimana Bisa Sukses Berbisnis Minuman?)

1. Lakukan Riset

Dalam memulai bisnis fashion hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan riset. Pertama-pertama cari informasi mengenai pusat penjualan baju grosir yang murah dan berkualitas. Dengan melakukan riset Anda juga bisa membandingkan harga-harga di pasaran sehingga bisa mendapatkan harga yang lebih murah.
Selain itu lakukan juga riset terhadap target pasar Anda. Pakaian apa sekarang ini yang menjadi trend dan dicari masyarakat, situasi ekonomi dan daya beli masyarakat. Setelah itu sesuaikan pakaian yang Anda jual dengan target pasar. Jika target Anda adalah anak muda usia 17-20 tahun, Anda bisa berjualan pakaian model terbaru dan trendi lengkap dengan aksesorisnya. Sedangkan jika target Anda adalah wanita muslim, Anda bisa menjual pakaian muslim yang sedang populer saat ini.

2. Memilih Pusat Grosir Terpercaya

Selain murah dan berkualitas, pilihlah juga pusat grosir yang terpercaya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Anda bisa mencari informasi dari seberapa banyaknya pelanggan yang datang ke pusat grosir tersebut. (Baca juga: Tahukah Anda Bahwa Bisnis Ayam Broiler Juga Bisa Menguntungkan Loh!)

3. Memilih Lokasi Usaha yang Strategis

Pemilihan lokasi usaha sangat penting untuk memasarkan barang Anda. Pilihlah lokasi yang banyak dilalui orang, seperti menyewa ruko sekitar kampus atau perusahaan. Selain itu Anda juga bisa menyewa stand di mall dan menghiasnya semenarik mungkin untuk menarik minat pelanggan.

Untuk menambah pelanggan, sebaiknya buatlah website atau akun sosial media khusus untuk pakaian yang Anda jual. Dengan begitu pelanggan bisa membeli dengan mudah tanpa harus ke toko secara langsung.

4. Strategi Pemasaran

Lakukan promosi yang tepat untuk membuat pakaian Anda terkenal di kalangan masyarakat. Anda bisa melakukan promosi secara online ataupun offline. Jika offline, Anda bisa melakukan promosi dari mulut ke mulut atau brosur. Berbeda halnya dengan offline, promosi online dinilai lebih efektif dan efisien. Dari sosial media misalnya, Anda dapat mempromosikan pakaian Anda dengan target pasar yang lebih luas hingga ke seluruh Indonesia. (Baca juga: Prospek Bisnis Lele, Menggiurkan kah?)

Untuk menarik pelanggan, Anda bisa memberikan diskon atau potongan harga. Selain itu Anda juga bisa mengadakan kuis dengan hadiah menarik untuk membuat pakaian Anda lebih dikenal dan menarik minat pembeli.
Bagi pebisnis, kejelian dalam melihat peluang usaha dan kondisi pasar adalah salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kesuksesan. Semoga beberapa tips memulai bisnis fashion diatas bisa membantu Anda untuk memulai bisnis.