Bagaimana Memanage Keuangan Pribadi yang Baik

By on December 1, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 325 kali

Perencanaan Keuangan – Tidak hanya perusahaan saja yang memerlukan jasa memanage keuangan, Anda sebagai pribadi pun perlu belajar bagaimana cara memanage keuangan pribadi dengan baik. Anda perlu belajar bagaimana cara mengatur dana yang dimiliki baik setiap bulan atau setiap minggu. Dengan mengatur keuangan sedemikian rupa, maka pengeluaran dan pemasukan akan seimbang, bahkan jika dimungkinkan, Anda harus belajar menabung untuk hal-hal yang Anda inginkan.

Apa saja yang harus dibayarkan

Ketika Anda mendapatkan uang pertama kali maka atur beberapa pengeluaran prioritas, seperti jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga  atau seorang pegawai dengan rumah sendiri, tentunya Anda harus membayar beberapa tagihan seperti listrik, telfon, dan beberapa tagihan lainnya. Tagihan seperti ini harus Anda sisihkan terlebih dahulu sebelum dana yang ada dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. Jika beberapa pembayaran mempunyai tenggang waktu tertentu segera bayar, dan jangan menunggu batas tenggang waktu, agar Anda tidak mendapatkan denda, karena itu sama saja dengan pemborosan keuangan.

Berbelanja kebutuhan

Hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memisahkan uang untuk membeli berbagai macam kebutuhan hidup, seperti  berbelanja makanan, dan berbagai macam hal lainnya. Anda perlu mendaftar berbagau macam kebutuhan sehari-hari, pilah beberapa kebutuhan yang tidak perlu dibeli dan mana yang harus dibeli segera. Terutama kebutuhan dapur, adalah barang-barang ayng harus Anda beli segera.

Jika Anda ingin membeli beberapa kebutuhan sekunder, seperti TV, motor, dll. Ada baiknya jika menabung terbelih dahulu dengan demikian maka uang yang harus dibayarkan untuk membeli produk tersebut tidak akan terasa berat.
Jika Anda mempunyai beberapa kebutuhan penting namun hal itu termasuk sekunder, seperti memperbaiki motor, memperbaiki laptop, dll. Maka segera alokasikan dana untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Ini juga penting untuk kelancaran aktifitas Anda.

Tabungan

Hal lainnya yang harus Anda lakukan adalah menyimpan sebagian uang dalam bentuk tabungan. Hal ini harus dilakukan di awal, agar uang tidak terbuang sia-sia. Sebaiknya uang tabungan ini tidak digunakan untuk hal-hal yang tidak perlu. Gunakan uang ini hanya untuk beberapa keperluan mendadak dan juga penting. Besarnya uang yang akan ditabung tergantung kemampuan anda. Ada baiknya jika dana yang ditabung itu 20% dari jumlah uang yang ada saat itu, dengan demikian maka urusan menabung tidak terasa memberatkan.

Investasi

Jika anda mempunyai budget lebih, tidak ada salahnya untuk belajar investasi. Saat ini ada beragam jenis investasi ayng dapat Anda ikuti, baik itu secara online atau secara offline. Pelajari dengan baik investasi tersebut jangan hanya tergiur akan keuntungan yang besar, keuntungak kecil namun rutin, tentunya akan jauh lebih berharga. Dengan melakukan investasi dari hal kecil, kemudian dikelola dengan baik, maka lambat lain investasi tersebut akan menjadi besar,dan ini tentu akan menguntungkan bagi Anda.

Uang untuk hiburan

Sisihkan juga sebagian kecil uang untuk hiburan. Uang ini dapat Anda gunakan utnuk makan, berbelanja kebutuhan tertentu, atau untuk kegiatan lainnya yang tentunya membuat Anda merasa puas. Budget yang harus dikeluarkan tidak perlu terlalu besar, cukup 10 hingga 20 % dari uang yang Anda miliki, dengan demikian maka berbagai kebutuhan lainnya tidak akan tergaggu dengan adanya uang ini. Selain itu uang ini hanya ada, jika semua kebutuhan sudah terpenuhi dengan baik.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai cara untuk memanage keuangan pribadi, cara ini dapat digunakan oleh siapa saja, dan dengan memanage keuangan pribadi seperti ini, maka berapapun uang yang didapat akan terasa cukup.