Bagaimana Cara Mengambil Analisa Teknikal dan Fundamental Dalam Trading Emas

By on March 22, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 237 kali

Investasi Emas – Untuk sukses trading komoditi emas, tentunya Anda membutuhkan analisa teknikal dan fundamental dalam trading emas yang tepat, agar dapat menelaah dengan baik, posisi emas yang ada saat ini. Banyak sekali orang yang merasa trading emas itu sama dengan trading forex atau bahkan index, namun sebenarnya trading emas itu tidak sama, dan bahkan setiap pair mempunyai karakter tradingnya masing-masing. Untuk dapat memahami karakter trading emas, maka Anda perlu mempelajari 2 hal, yaitu :

Teknikal

Analisa teknikal adalah analisa atau teknik mengumpulkan informasi dengan menggunakan data yang ada pada chart, seperti indikator, atau candle itu sendiri. Sebetulnya teknik membaca pergerakan harga emas dengan menggunakan teknikal itu sendiri bisa berbagai macam, tergantung indicator seperti apa yang sedang digunakan.
Ada banyak sekali indicator yang dapat digunakan oleh para tarder untuk trading gold, seperti :

  • MA
    MA adalah salah satu indikator simple yang biasanya paling banyak digunakan oleh para tarder, MA sendiri juga dibagi menjadi 3 varian berbeda, yaitu Simple moving Average, Weighted Moving Average Exponential Moving Average. Indikator ini biasanya menggunakan 1 macam garis.
  • Bollinger band
    Adalah indicator teknikal yang mempunyai 3 garis utama, garis-garis tersebut akan bergerak dan mengikuti rata-rata gerak harga dalam jangka waktu tertentu.
  • RSI
    Singkatan dari Relative Strength Index, sebuah osilator yang biasanya digunakan untuk analisa teknikal. Teknik ini digunakan untuk mendapatkan keterangan tentang kekuatan harga denagn system pembanding pergerakan baik naik atau turunnya harga yang ada.
  • Fibonanci
    Fibonanci adalah salah satu indicator yang mengusung tema hitungan untuk support dan resistance sebuah harga, Dengan demikian para tarder dapat melihat batas harga yang ada pada pergerakan harga tersebut.
  • Envelopes
    Ini adalah sebuah indicator yang menggunakan 2 buah Moving average sekaligus. Salah satu  dari MA tersebut berfungsi sebagai presentase atau jumlah tertentu untuk menunjukkan harga yang dimaksud. Para trader menggunakan indicator ini untuk mendapatkan informasi tentang volalitas sebuah harga, lebih tinggi atau lebih rendah.

Fundamental

Fundamental sendiri adalah teknik pengumpulan informasi menggunakan media berita. Anda sebagai trader harus mengumpulkan berita tertentu yang ada kaitannya dengan emas, agar anda dapat menentukan ke mana posisi emas saat ini. Berita fundamental untuk emas, dapat Anda peroleh dari :

  • US dollar
    USD adalah mata uang Amerika yang sangat identik dengan anti gold, itu sebabnya ketika harga gold naik, maka secara otomatis harga emas akan turun, begitu juga sebaliknya.
    Selain itu gold juga dianggap sebagai komoditas yang menyangkut keamanan sebuah negara, karena ada kaitannya dengan perekonomian, politik, investor, dll. Jika investor mengumpulkan lebih banyak emas, maka hal itu akan membuat USD turun.
  • Franc Swiss
    CHF adalah salah satu negara yang menyimpan cadangan emas paling banyak, itu sebabnya mata uang CHF sangat ter-apresiasi dengan pergerakan harga emas.
  • AUD
    Australia adalah negara penghasil emas terbesar di dunia, sekitar 80% untuk nilai export, itu sebabnya komoditi Australia dianggap paling baik di antara negara lainnya. Jika nilai mata uang Dollar Australia naik, maka itu artinya harga emas juga akan ikut naik.
  • Canada
    Canada adalah salah satu negara yang mempunyai nilai GDP terbesar yang ada di dunia. Pertumbuhan ekonomi yang cenderung konstan. Begitu juga dengan eksport kekayaan alamnya seperti emas dan juga minyak, itu sebabnya perdagangan mata uang ini akan berpengaruh terhadap harga emas.

Dengan mempelajari teknik seperti ini, tentunya anda para trader tidak akan bingung lagi tentang bagaimana cara membuat analisa teknikal dan fundamental dalam trading emas.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty