Bagaimana Cara Memulai Investasi Saham CFD

By on December 16, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3,112 kali
CFD

Bagaimana Cara Memulai Investasi Saham CFD

Bagaimana cara memulai investasi saham CFD harus diketahui oleh mereka yang tertarik untuk berinvestasi dengan jenis saham ini. CFD atau Contract For Difference merupakan salah satu instrumen investasi dalam dunia trading yang betuk riil dari sahamnya tidak ada. Namun, untuk nilai dari harga yang akan menjadi keuntungannya untuk para pelaku investor tetap tinggi dan sama nilainya dengan harga saham lokal. Ini terjadi karena untuk harganya akan tetap mengikuti pergerakan harga saham di bursa. Sehingga tidak perlu khawatir walau bentuknya tidak riil.

Saat ini berinvestasi saham CFD banyak menarik perhatian karena keuntungan serta kelebihan yang diberikannya sangat banyak. Beberapa perusahaan tentu saja mulai melirik jenis investasi yang satu ini. Jenis jasa yang menyediakan investasi dengan saham ini adalah perusahaan futures. Perusahaan futures ini membantu sebuah perusahaan untuk berkembang dan menjaring nasabahnya ke dalam sebuah bisnis investasi. Namun perlu diingat untuk berinvestasi di CFD ini, Anda harus berhati-hati dalam memilih perusahaan futures yang akan menjadi penyedia jasa ini, perusahaan tersebut harus memiliki izin dari lembaga pemerintah yang menaungi perdagangan berjangka yaitu Bappebti.

Dalam memulai berbisnis dengan investasi saham khususnya saham CFD ini. Bagaimana cara memulai investasi saham CFD, pertama untuk diketahui investasi CFD ini bertujuan mengembangkan perusahaan dengan diarahkan pada sebuah investasi saham tidak berbentuk dan hanya sebuah instrumen saja. Namun, walaupun demikian para investor dalam menjalankannya dapat ikut berpartisipasi dalam mengontrol pergerakan sahamnya. Dalam menjalankannya, investor juga tidak perlu mengeluarkan dana sebesar yang ditransaksikan. Karena dalam transaksinya nanti menggunakan margin, maka bagaimana cara memulai investasi saham CFD terlebih dahulu harus mengerti tentang margin ini agar manajemen resikonya bisa diketahui dan diterapkan.

Ketika memilih berinvestasi dengan saham CFD nanti, transaksinya yang hanya menggunakan margin CFD jumlahnya hanya 10% saja yang dibutuhkan. Asumsinya bahwa deposit sebesar 10 ribu dollar dapt digunakan untuk bertransaksi untuk nilai CFD sebesar 100 ribu dollar.

Kelebihan yang harus diketahui dari bagaimana cara memulai investasi saham CFD adalah bahwa transaksi dari saham ini dilakukan secara online. Transaksi seperti ini memebri keuntungan tersendiri dengan tidak akan dikenakannya biaya administrasi. Dalam penggunaan short sell pun dapat dilakukan dengan mudahnya oleh investor. Investor akan dimudahkan dengan dapat berpartisipasi dalam pasar dimana investor bebas untuk menjual atau membeli terlebih dahulu. Berbeda dengan saham biasa yang mana investor hany bisa membeli saja untuk terlebih dahulunya.

Lebih menguntungkan lagi ketika saham CFD merupakan saham dengan instrumen berkala yang tidak memeiliki tanggal kadaluarsa. Terlebih, CFD dalam menjanjikan posisi kepada investornya tidak menerapkan sistem berjangka. Transaksinya sendiri untuk CFD ini dilakukan secara terbuka bahkan hingga overnight. Sama seperti instrumen pasar modal lainnya, dalam CFD juga terdapat kemampuan untuk memasang order dimana pemasangannya sama seperti instrumen-instrumen pasar modal tersebut. Kelebihan-kelebihan inilah yang bisa dimanfaatkan sebagai berkembangnya perusahaan dengan sebagai Anda investor bisa berpartisipasi langsung.