Bagaimana Cara Memulai Bisnis Ikan Hias?

By on December 4, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 567 kali

Inspirasi Bisnis – Cara memulai bisnis ikan hias tentunya tidak akan sama seperti bisnis lainnya, ada berbagai hal yang harus dipertimbangkan untuk memulai bisnis tersebut, terlebih jika Anda adalah seorang pemula. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda ingin memulai bisnis di bidang ikan hias.

Perhitungan modal

Ketika Anda ingin memulai usaha di bidang ikan hias, jangan lupa untuk melakukan perhitungan modal secara mendetail, perhitungan modal tersebut meliputi:

  • Pemilihan lokasi
    Anda tentu membutuhkan lokasi untuk memulai usaha dan secara umum semakin strategis lokasi yang ingin Anda miliki maka kemungkinan biaya sewa atau beli mahan semakin besar. Namun pastinya pemilihan lokasi akan menjadi dasar perkiraan keuntungan yang dapat Anda peroleh untuk masa mendatang. Terkait dengan budidaya ikan, cobalah memilih lokasi dekat perkampungan yang memiliki kondisi lingkungan bersih dan aliran air yang lancar.
  • Pembelian peralatan
    Anda juga harus memperhitungkan tentang biaya untuk pembelian peralatan. Contohnya saja ketika Anda memiliki beberapa ikan hias seperti golden fish, ikan louhan, ikan cupang, dan sebagainya, maka Anda harus memiliki peralatan dasar untuk kegiatan pembenihan hingga pembesaran bibit. Dengan demikian, bisnis ikan hias Anda tidak akan mudah terpengaruh masalah apapun seperti masalah cuaca ekstrim atau perpindahan lokasi.
  • Biaya cadangan dan pemeliharaan
    Meski Anda tergolong pemula, nantinya Anda tetap harus mempertimbangkan biaya pemeliharaan yang perlu dikeluarkan untuk menjaga agar ikan tetap sehat dan segar, seperti biaya pembersihan kolam, penggantian filter, dan sebagainya. Tak hanya itu, Anda tetap harus memperhitungkan biaya cadangan seperti biaya listrik dan telpon yang mungkin dikeluarkan sewaktu-waktu untuk menunjang jalannya usaha
  • Target pasar
    Anda perlu menyadari bahwa masing-masing ikan hias sebenarnya sudah memiliki pangsa pasarnya sendiri, oleh karena itu Anda harus mulai mempertimbangkan target pasar yang ingin Anda tuju, sehingga Anda dapat menyediakan lebih banyak bibit atau ikan yang sesuai dengan permintaan konsumen. Sebagai contoh di lingkungan kota Anda ikan louhan lebih banyak memiliki penggemar dibanding ikan lainnya, maka tak ada salahnya Anda menambah jumlah ikan tersebut dibanding ikan lainnya untuk meningkatkan perolehan keuntungan
  • Sistem promosi
    Ketika Anda adalah seorang pemula di bidang bisnis ikan hias, jangan lupa untuk memperhatikan sistem promosi yang Anda usung. Jika lokasi usaha yang Anda miliki cukup strategis, cobalah menyebarkan brosur dan pamflet yang didesain sebaik mungkin. Jika tidak Anda dapat juga menggunakan aneka media sosial seperti facebook dan instagram untuk mempromosikan ikan hias Anda. Namun demikian, satu hal yang perlu Anda lakukan ketika menggunakan facebook atau media sosial lainnya adalah tata bahasa yang tidak terlalu mengarah pada promosi produk namun cukup membuat siapapun yang membacanya penasaran dengan produk yang Anda jual.
  • Sistem transaksi
    Meski Anda adalah seorang pemula di bidang bisnis ikan, Anda sudah harus menerapkan bagaimana sistem transaksi yang akan dilayani oleh perusahaan Anda. Sistem transaksi yang dimaksud disini adalah sistem yang berhubungan dengan pemesanan, pembelian, hingga pengiriman ikan, apakah Anda akan menjual hanya dalam bentuk bibit atau termasuk ikan yang sudah dibudidayakan hingga dewasa. Anda juga harus menentukan bagaimana sistem transaksi untuk pembelian dalam jumlah banyak, dengan demikian Anda dapat meminimalisir resiko kerugian yang mungkin dialami diawal usaha.

Dengan memperhatikan hal-hal diatas, semoga Anda semakin memahami bagaimana cara memulai bisnis ikan hias yang benar.

Incoming search terms: