Bagaimana Cara Investasi Emas Bagi Pemula?

By on August 28, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 393 kali

Investasi Emas – Meningkatnya minat masyarakat untuk investasi emas membuat banyak orang tertarik untuk melakukan investasi ini. Namun bagaimanacara investasi emas bagi pemula ? Mungkin beberapa orang hanya mengikuti trend yang sedang berkembang di masyarakat untuk melakukan investasi emas. Namun hal tersebut bukanlah suatu masalah, karena emas tidak akan membuat kekayaan Anda menjadi turun. Justru sebaliknya investasi emas dalam jangka waktu yang panjang akan memberikan keuntungan yang berlipat.

Bagi para pemula yang ingin investasi emas, Anda harus memperhatikan tips berikut ini:

1. Menentukan tujuan dan target waktu Anda dalam investasi emas.
2. Untuk mengurangi risiko yang mungkin terjadi, sebaiknya Anda investasi emas dalam bentuk emas batangan, karena emas batangan harganya lebih stabil. Selain itu pembelian emas batangan dalam jumlah besar seperti 100 gr lebih disarankan karena lebih memberikan keuntungan daripada emas batangan 25 gr.
3. Segera beli emas ketika harganya turun, dan Anda bisa menjualnya ketika harganya naik.
4. Untuk penyimpanan, Anda bisa menyimpan emas yang Anda miliki di rumah atau di bank. Jika dalam jumlah besar, sebaiknya simpan di SDB (Safe Deposit Box) yang ada di bank untuk meminimalisir kemungkinan emas Anda hilang.
5. Investasi emas memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan keuntungan. Minimal Anda bisa merasakan keuntungan tersebut dalam waktu 3 tahun.
6. Untuk menghindari penipuan, sebaiknya lakukan investasi emas sendiri. Saat ini banyak pihak yang menawarkan investasi emas, seperti MLM. Namun hal tersebut sangat rawan sekali terjadi penipuan.
7. Pastikan emas yang Anda miliki mempunyai sertifikat dan nomor serinya sesuai dengan sertifikat tersebut. Selain itu pastikan juga di emas tersebut terdapat tulisan 9999 dan logo ANTAM.
Itulah beberapa tips atau cara investasi emas bagi pemula. Namun untuk mendapatkan keuntungan optimal dalam investasi emas, dibutuhkan suatu strategi.

Berikut ini strategi investasi emas bagi pemula:

1. Strategi investasi emas untuk jangka waktu pendek
Jika mempunyai tujuan jangka pendek, Anda bisa melakukan pembelian emas ketika harga emas turun. Setelah itu Anda bisa menjualnya ketika harga emas naik. Sebaiknya Anda menabung untuk bisa membeli emas, jadi ketika sewaktu-waktu harga emas turun Anda bisa segera membelinya. Pastikan untuk membeli emas yang tepat untuk menghindari penipuan. Anda bisa membelinya di toko-toko emas terpercaya yang sudah mendapatkan sertifikat dari PT Antam. Strategi ini cocok bagi pemula untuk investasi emas dalam jangka waktu pendek.
2. Strategi investasi emas untuk jangka waktu lama / panjang
Bagi pemula yang ingin melakukan investasi emas dalam jangka waktu lama/panjang, Anda bisa melakukan pembelian emas kapan saja. Jika Anda sudah mempunyai dana, Anda bisa langsung membeli emas sebagai alat investasi Anda. Keuntungan yang Anda dapatkan akan semakin besar nantinya jika dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama. Mengingat harga emas yang terus mengalami kenaikan dari waktu ke waktu, semakin lama Anda menyimpan emas maka keuntungan yang Anda dapatkan semakin besar pula. Strategi yang digunakan dalam investasi dalam jangka waktu panjang adalah dengan membeli emas setiap bulannya. Hal ini akan meminimalisir risiko kerugian yang mungkin terjadi.

Strategi yang digunakan dalam investasi emas harus sesuai dengan motivasi dan tujuan Anda. Itulah cara investasi emas bagi pemuladengan aman dan Anda bisa mendapatkan profit seperti yang diharapkan.