Awal Pekan Yen Bergerak Menguat

By on May 20, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 1,487 kali

Awal Pekan Yen Bergerak Menguat

Pada perdagangan hari ini mata uang yen Jepang berusaha untuk menguat terhadap dollar AS (20/05). Yen menguat terhadap 16 rival utamanya setelah Menteri Ekonomi Jepang Akira Amari mengatakan bahwa pelemahan yen yang lebih jauh akan mengancam orang-orang yang telah menerima dampak negatif dari anjlok yen tersebut dan pemerintah diperkirakan akan kesulitan untuk meminimalisir dampak tersebut.

Yen Jepang telah mengalami koreksi setelah sempat mencapai posisi paling rendah dalam lebih dari 4.5 tahun belakangan terhadap dollar AS. Amari juga mengatakan bahwa ada spekulasi bahwa yen telah jauh melampaui “koreksi yang dibutuhkan” akibat kenaikan tajamnya di masa lalu. Para pelaku pasar mulai bertaruh bahwa dollar akan mengalami peningkatan terhadap yen setelah minggu lalu Fed memberikan sinyal bahwa program pembelian obligasi akan dikurangi.

Beberapa data ekonomi AS pekan lalu menunjukkan kondisi yang menguat. Para pelaku pasar mulai meningkatkan harapannya akan trend bullish dollar terhadap rival-rival utamanya, termasuk yen Jepang.

Hari ini yen tampak menguat ke posisi 102.78 per dollar AS, sempat hingga mencapai posisi 102.04 per dollar. Posisi yen tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu yang berada di level 103.22 dollar. Yen bahkan sempat mencapai posisi 103.31 per dollar AS pada perdagangan Jumat malam. (Ika Akbarwati, Vibiznews)