Awal Pekan IHSG Melemah

By on May 13, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,949 kali

Awal Pekan IHSG Melemah

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia mengawali perdagangan hari ini dengan pelemahan, usai menguat empat hari berturut-turut dan mencatatkan rekor baru di atas 5.100.

IHSG pada transaksi Senin 13 Mei 2013, dibuka turun 4,04 poin atau 0,08 persen ke level 5.101,89. Sementara itu, empat hari terakhir, masing-masing ditutup menguat di posisi 5.105, 5.089, 5.042, dan 4.991.
Analis PT BNI Securities, Thendra Crisnanda, berpendapat bahwa pelemahan IHSG di awal perdagangan hari ini, karena kondisinya yang telah masuk zona jenuh beli atau overbought.
“Jadi, disarankan kepada investor untuk tetap waspada pada potensi pelemahan indeks yang signifikan,” ujar Thendra dalam risetnya hari ini yang diterima VIVAnews.
Ikhsan Binarto, analis PT Indo Premier Securities juga berpendapat bahwa IHSG dibuka turun, karena secara teknis sudah rawan terkoreksi usai naik empat hari berturut dan mencetak rekor baru pada Jumat lalu.
“Ini juga terbawa sentimen negatif regional yang pagi ini dibuka melemah,” ujarnya.
Namun, Ikhsan mengatakan bahwa masih dirilisnya laporan keuangan kuartal I-2013 sejumlah emiten dan rencana aksi korporasi pembagian dividen bisa menjadi sentimen positif yang menahan kejatuhan IHSG lebih dalam. (art, Vivanews)