Aussie Bergerak Lesu Jelang Rilis Penjualan Eceran

By on May 6, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 1,985 kali

Aussie Bergerak Lesu Jelang Rilis Penjualan Eceran

Pagi hari ini mata uang aussie tampak bergerak lesu terhadap dollar AS (06/05). Mata uang Australia ini melemah tajam menjelang rilis data laporan penjualan eceran untuk bulan Mart di Australia. Diperkirakan penjualan eceran bulanan ini akan mengalami pertumbuhan yang melambat tajam di bulan Maret lalu.

Aussie tampak mengalami tekanan meskipun bursa-bursa saham Asia pagi ini tampak mengalami kenaikan mengesankan. Biasanya aussie bakal terangkat dengan kinerja positif bursa saham Asia. Akan tetapi pagi ini sentimen para investor terluka akibat ekspektasi melambatnya pertumbuhan penjualan eceran.

Penjualan eceran merupakan salah satu data yang menggambarkan kondisi kesehatan ekonomi sebuah negara. Untuk Australia, penjualan eceran di bulan Maret lalu diperkirakan hanya akan mengalami peningkatan bulanan sebesar 0.2 persen. Angka tersebut melambat dibandingkan dengan peningkatan sebesar 1.3 persen yang terjadi pada bulan Februari sebelumnya.

Hari ini aussie terpantau berada pada posisi 1.0302 dollar. Posisi aussie tersebut mengalami penurunan dibandingkan dengan penutupan perdagangan akhir pekan lalu yang ada di level 1.0318 dollar. Hari ini aussie terpantau berusaha untuk rebound, meskipun belum tampak berhasil. (Ika Akbarwati, Vibiznews)