Asia Menguat, IHSG Rawan Ambil Untung

By on May 13, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 1,791 kali

Asia Menguat, IHSG Rawan Ambil Untung

Bursa Asia kembali dibuka menguat pada Senin (13/5/2013) pagi ini, terutama bursa Jepang yang melanjutkan relinya seiring pelemahan nilai tukar Yen Jepang yang saat ini telah mencapai 101 per dollar AS. Meski ini positif bagi Indeks Harga Saham Gabungan, namun indeks tetap rawan terkena ambil untung.

Harga minyak melanjutkan koreksinya ke level 95,4 dollar AS per barrel pagi ini. IHSG sendiri hari ini diperkirakan cukup rawan ambil untung setelah menguat signifikan sekitar 3,6 persen sepanjang pekan lalu. Rawan ambil untung terutama pada sektor-sektor yang menjadi penggerak indeks di pekan lalu antara lain sektor konsumer, konstruksi, properti dan otomotif.

Riset Samuel Sekuritas Indonesia memerkirakan level dukungan indeks di level 5.050. Bursa AS di akhir pekan kemarin kembali ditutup menguat dan membawa indeks S&P dan Dow kembali mencetak level new high-nya seiring optimisme pasar masih sangat tinggi. Sekaligus memfaktorkan data surplus APBN AS di bulan April yang mencapai level tertinggi dalam 5 tahun terakhir. Bank sentral Vietnam dan Sri Lanka turut bergabung dengan bank-bank sentral di dunia dengan menurunkan suku bunganya untuk menstimulus ekonomi. (Robertus Benny Dwi Koestanto, Kompas)