Apakah Trading Emas High Risk? Simak Jawabannya Berikut Ini

By on January 8, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 280 kali

Investasi Emas – Apakah trading emas high risk? Pertanyaan ini pasti muncul di benak Anda ketika mendengar jual beli emas dengan sistem trading. Trading emas merupakan sebuah term atau istilah untuk menyebut perdagangan emas secara online. Yang diperjual belikan adalah bentuk kontrak emas sehingga dalam mekanisme jual beli, Anda tidak memegang emasnya dalam bentuk fisik. Prinsipnya sama seperti trading forex atau jual beli mata uang asing yaitu dengan menggunakan sebuah platform online di mana akan ditunjukkan grafik fluktuasi nilai jual emas dalam kurun waktu tertentu. Anda bisa membuka posisi beli saat harga emas sedang turun dan posisi jual atau close sell saat harga emas mengalami peningkatan. Menguntungkankah investasi emas dengan cara trading? Tentu saja menguntungkan tetapi juga ada resikonya.

Salah pilih trading broker

Broker merupakan perantara antara investor yang biasanya kecil atau investor dengan modal kecil yang menghubungkan dengan pasar emas. Karena umumnya trading emas didominasi oleh pemain-pemain besar, maka agar tidak mudah kalah maka investor yang masih kecil dibantu dengan jasa broker. Broker biasanya memberikan saran kapan beli dan kapan jual sesuai dengan pantauan platform grafik harga emas. Karena itu memilih broker yang bisa dipercaya, profesional, dan tentunya legal sangat penting untuk kesuksesan trading emas. Salah pilih broker bisa beresiko Anda kehilangan modal bahkan mengalami kerugian yang lebih besar dari modal.

Harga emas yang fluktuatif

Investasi emas sebenarnya lebih cocok dijadikan untuk investasi jangka panjang. Ini karena harga emas yang memang cenderung naik setiap tahunnya tetapi bisa mengalami penurunan jika dihitung per bulannya apalagi per hari. Beberapa hal yang mempengaruhi harga jual emas naik dan turun adalah inflasi, nilai tukar rupiah terhadap dollar, suku bunga, dan demand emas. Sedangkan investasi dengan trading cenderung dilakukan dalam jangka waktu pendek. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan bisa sangat besar, tetapi resiko kerugiannya juga sama besarnya.

Keamanan yang belum terjamin

Investasi dengan cara trading memang sudah diatur oleh pemerintah tetapi untuk jaminan keamanan hanya trading saham saja yang sudah dilindungi oleh pemerintah. Jaminan yang diberikan pemerintah bagi investor saham antara lain adalah dana nasabah yang disimpan di rekening khusus di bank, kemudian saham yang sudah dibeli disimpan di institusi resmi milik pemerintah (KSEI). Sedangkan untuk trading emas belum ada jaminan ini sehingga masih ada kemungkinan modal Anda hilang atau broker yang tiba-tiba tutup dan tidak bertanggung jawab.

Emas yang diperdagangkan maya

Jika Anda adalah orang yang lebih suka dengan hal yang pasti dan tidak suka menebak-nebak maka investasi dengan cara trading emas tidak cocok untuk Anda. Ini karena dalam trading emas yang diperdagangkan adalah kontraknya saja dan bukan emas fisik seperti jika membeli emas langsung di toko emas. Bagi beberapa orang investasi dengan barang yang tidak nyata bisa berdampak psikologis yang mempengaruhi kesiapan mental saat menghadapi resiko investasi. Tetapi bagi Anda yang sudah terbiasa dengan mekanisme trading dan paham akan resikonya, faktor resiko karena mindset investasi bisa dikurangi.

Jadi jika ditanya mengenai apakah trading emas high risk? Jawabannya adalah ya, investasi trading emas cukup beresiko tinggi karena menggunakan sistem margin call. Tetapi dengan resiko investasi yang tinggi Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang sama besarnya pula. Jadi jika Anda bisa mengalami kerugian sebesar 1.000%, keuntungan yang bisa Anda dapatkan juga bisa mencapai 1.000%. Demikianlah jawaban dari apakah trading emas high risk?

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty