Apakah Tahun 2014 Emas Masih Terpercaya untuk Berinvestasi?

By on December 3, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,430 kali
Emas Batangan

Apakah Tahun 2014 Emas Masih Terpercaya untuk Berinvestasi?

Investasi Emas – Tahun 2014 sudah didepan mata. Dalam hitungan beberapa hari saja, kita sudah memasuki penghujung tahun 2013 dan berganti ke tahun berikutnya. Tahun baru, rezeki baru. Mengingat nilai emas yang tengah naik turun sepanjang tahun, apakah tahun 2014 emas masih terpercaya untuk berinvestasi? Sudah dari dulu logam mulia ini dijadikan alat untuk berbisnis dan berinvestasi karena nilainya yang cenderung naik dari tahun ke tahun. Katanya sih investasi emas di tahun 2014 tidak sekinclong investasi emas di beberapa tahun belakangan.

Beberapa waktu yang lalu, harga emas dunia memang sempat mengalami kenaikan karena kebijakan The FED. Namun nilai logam mulia tersebut kemudian ditekan oleh indikator perekonomian AS dan nilai US Dollar. Kini banyak investor emas yang khawatir karena ekonomi Amerika Serikat yang semakin membaik dan kembali bersinar kinerja bursa AS. Sudah banyak investor yang berancang-ancang meninggalkan emas dan beralih ke produk investasi lain seperti obligasi dan saham. Selain karena membaiknya ekonomi AS, penurunan permintaan akan emas fisik juga memicu harga emas semakin turun.

Selama ini memang harga emas pernah turun naik, namun bisa dipastikan jika tahun 2013 inilah emas mengalami keanjlokan paling parah. Biasanya, faktor-faktor yang mempengaruhi naik turunnya nilai logam mulia adalah inflasi, kenaikan harga kebutuhan, harga emas dunia, kurs Dollar, baik atau tidaknya ekonomi negara-negara Eropa dan Amerika, serta naik-turunnya permintaan akan emas.

Apakah tahun 2014 emas masih terpercaya untuk berinvestasi? Para pengamat dan ahli finance pun mempunyai pendapat tersendiri mengenai hal ini. Salah satunya adalah Leo Hadi Loe. Investasi emas sedang berada di masa kritis dan nyaris ditinggalkan jika bursa saham AS dan ekonomi AS terus merangkak naik. Dengan dipangkasnya proyeksi harga emas oleh Goldman Sachs Group Inc untuk 2014 mendatang, penilaian dari Leo tersebut juga cukup beralasan. Sebelumnya harga emas adalah 1.270 dollar AS per troy ounce, namun diprediksi harganya akan terus turun di tahun depan mencapai 1.050 dollar AS per troy ounce.

Bagi investor lokal, ini juga merupakan masalah yang berat. Dengan perbaikan ekonomi AS, nilai Rupiah terus tertekan. Menurut data terkini saja, kurs Rupiah sudah mencapai kisaran 11.950 per US Dollar. Bagi para investor emas yang bermain di bursa berjangka, sebaiknya ambil posisi Short dari sekarang agar bisa mendapatkan keuntungan. Dan untuk investor emas fisik, tahan dulu untuk membeli emas dan cukup beli emas untuk kebutuhan konsumsi saja. Diprediksi emas akan memasuki masa suram mulai akhir tahun 2013 sampai pertengahan tahun 2014. Apakah tahun 2014 emas masih terpacaya untuk berinvestasi? Sayangnya tahun depan sepertinya bukanlah waktu yang tepat untuk meraup untung dari investasi emas.