Apakah Reksadana Dapat Kita Wariskan?

By on July 22, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,429 kali
Ilustrasi Hadiah

Apakah Reksadana Dapat Kita Wariskan?

Investasi Rekasadana – Berdasarkan perkembangannya, sekarang ini reksadana sudah tidak lagi dipandang sebagai instrumen investasi semata. Sebab meyakini akan adanya kenaikan nilai investasi dalam jangka yang panjang. Sebagian para investor juga memperlakukan reksadana sama halnya seperti aset tradisional layaknya rumah, tanah dan juga bangunan yang dapat disimpan untuk jangka waktu yang lama.

Selama waktu tersebut, apapun bisa saja terjadi termasuk nilai dari investasi pada reksadana mengalami kenaikan yang signifikan sehingga menjadikan para investor dapat menikmati masa-masa pensiunnya dengan nyaman. Dapat juga nilai dari investasi itu ternyata mengalami penurunan alias kita merugi sehingga para investor terpaksa gigit jari. Bahkan bisa pula setelah pensiun kenyataannya justru hasil atas kegiatan bisnis (usaha) maupun perusahaan dimana tempat anda bekerja secara khusus memberikan upah paket untuk pensiun yang biasanya nilainya cukup menggiurkan. Sebenarnya meskipun tidak memperoleh hasil dari reksadana sekalipun anda masih dapat menikmati hari pensiun anda dengan nyaman.

Apabila ternyata investasi anda di reksadana hasilnya justru malah jauh lebih besar dari apa yang anda butuhkan, maka besar kemungkinan dari investasi yang anda lakukan di reksadana itu hendak anda wariskan untuk generasi penerus anda yang akan melanjutkannya. Namun disini yang menjadi pertanyaan adalah apakah reksadana itu bisa kita wariskan? mungkin belum banyak orang yang berpikiran hingga sejauh ini, akan tetapi disini akan kami informasikan kepada anda mengenai hal tersebut.

Kenyataannya

Sebelum menjawab dari pertanyaan tersebut, menurut hasil survei kecil-kecilan yang dilakukan kepada beberapa agen penjual baik itu Manajer Investasi maupun Bank. Survei tersebut memang tidak dilakukan ke suatu perusahaan, namun secara langsung kita tanyakan kepada staff marketing atau sales yang bersangkutan. Dengan asumsi orang tersebutlah yang nantinya juga akan berhadapan langsung dengan para investor.

Berdasarkan dari hasil survey yang dilakukan, pada dasarnya memang untuk reksadana dapat kita wariskan. Namun meski begitu juga ada ketentuan yang memang harus dibuat, diantaranya :

  • Apabila para investor hendak menspesifikasikan mengenai tata cara dalam pembagian dan pemberian warisan maka harus ada semacam surat wasiat yang dibuat seorang investor yang bersangkutan. Ketentuan dari surat wasiat tersebut memang tidak disertakan di dalam formulir untuk pendaftaran reksadana, jadi investor harus membuat sendiri di depan notaris yang melayani.
  • Apabila para investor belum membuat atau tidak sempat membuat sebuah surat warisan, maka untuk acuan yang akan digunakan yaitu dengan menggunakan sebuah surat kematian yang biasanya dikeluarkan oleh pihak kantor di kelurahan setempat serta memilih siapa ahli warisnya atas orang yang bersangkutan.

Pada prinsipnya, sebuah reksadana tidak jauh berbeda layaknya prinsip warisan untuk aset yang lainnya. Akan tetapi, apabila terdapat pertanyaan apalagi yang erat kaitannya dengan status hukum, maka saya menyarankan kepada anda untuk sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahli hukum yang memang paham serta menguasai pada bidang tersebut.