Apakah Investasi Properti Selamanya Aman dan Menguntungkan?

By on April 3, 2017 | Artikel ini Sudah di baca 436 kali

Investasi Properti – Dalam beberapa tahun terakhir, sektor properti mengalami fenomena kenaikan yang luar biasa. Begitu dibandingkan dengan deposito ataupun tabungan, kenaikan harga properti selalu saja menunjukkan perkembangan yang positif dan selalu lebih besar.

Di tanah air, kenaikan harga properti terjadi setiap tahunnya. Sebenarnya hal ini sudah termasuk tidak wajar lagi. Harga properti, entah itu tanah, rumah, maupun apartemen yang semakin tinggi nyatanya tidak menyusutkan keinginan masyarakat Indonesia untuk membelinya. Jelas sekali jika ini adalah hal yang membingungkan, bagaimana tidak? Dikatakan kebanyakan penduduk Indonesia hidup di bawah garis kemiskinan. Namun kenapa permintaan akan properti semakin meningkat?

Melihat fenomena seperti ini, apakah investasi properti selamanya aman dan menguntungkan? Mari kita tinjau lagi bersama. Ada beberapa faktor yang membuat harga properti terus naik, diantara lain adalah kenaikan permintaan dan persediaan properti yang ada. Teori supply dan demand dalam dunia ekonomi merupakan hal yang sudah sangat biasa terjadi, dan pastinya mempengaruhi harga.

Sayangnya, kenaikan ini juga menimbulkan resiko. Karena harga properti semakin tidak wajar, maka semakin lama menjadi harga semu. Semakin lama, harga semu ini akan kembali ke titik seimbang antara tingkat penawaran dan permintaannya. Hal ini disebut sebagai harga koreksi. Jika saja harga koreksinya terlampau jauh, maka efek yang diberikan pada kestabilan ekonomi semakin parah. Potensi terjadinya “crash” juga semakin besar jika terlalu banyak properti yang dibeli hanya untuk investasi dan bukan untuk digunakan. Bahkan karena “crash” inilah banyak suatu regional atau suatu negara yang mengalami krisis ekonomi.

Hal ini sudah semakin terlihat, mengingat banyak orang di Indonesia yang mampu memborong properti lebih dari satu, tapi tidak untuk ditinggali. Kembali ke pertanyaan: Apakah investasi properti selamanya aman dan menguntungkan? Tidak. Sungguh naif jika menganggap investasi di bidang ini selalu aman tanpa resiko. Memang menguntungkan untuk beberapa tahun mendatang, selama harganya masih wajar dan belum memasuki harga semu.

Faktor lain mengapa investasi properti tidak selamanya aman dan menguntungkan adalah karena ancaman bencana alam. Indonesia merupakan negara yang terdiri dari pulau, dikelilingi oleh lautan, dan memiliki banyak gunung api yang aktif. Berbagai macam bencana tahunan seperti banjir, atau bencana alam lainnya seperti longsor dan tsunami selalu mengancam. Bila hal ini terjadi, maka kerugian yang diterima bisa sangat besar.

Bila Anda berminat untuk melakukan investasi di bidang properti, sebenarnya sah-sah saja. Lebih amannya, lakukan diversifikasi pada dana Anda. Tidak hanya investasi di bidang properti, namun juga di instrumen lainnya. Meskipun investasi properti tidak selamanya aman dan menguntungkan, ini bisa dijadikan sarana menyimpan kekayaan yang lebih baik daripada sekedar menabung. Semoga bermanfaat.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty