Apakah Investasi Emas Masih Menjadi Pilihan Berinvestasi?

By on October 21, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3,311 kali
Emas

Apakah Investasi Emas Masih Menjadi Pilihan Berinvestasi?

Masih sering ditemukan pro serta kontra mengenai investasi emas sekarang ini. Hampir semua orang mungkin sudah mengenal jenis investasi yang satu ini, atau bahkan sudah menjalaninya. Dari jaman dahulu, emas sudah dijadikan investasi yang sering dilakukan. Meskipun seringkali dikatakan sebagai investasi yang kontroversial, nyatanya investasi emas masih menjadi salah satu pilihan instrumen investasi oleh masyarakah di Indonesia.

Jika Anda masih bertanya-tanya apakah investasi emas masih menjadi pilihan berinvestasi? Tentu saja jawabannya ya. Mengapa bisa begitu? Ini dikarena harga emas yang terus-terusan meningkat setiap tahunnya karena emas adalah instrumen investasi yang memiliki nilai yang cenderung stabil dan jauh dari efek inflasi. Semakin langka keberadaan emas, maka harganya pun akan semakin mahal.

Buktinya saja makin banyak orang yang mulai berinvestasi dalam instrumen ini. Kembali berbicara mengenai apakah investasi emas masih menjadi pilihan berinvestasi? Nyatanya investasi emas ini malah menjadi patokan atau acuan dalam standarisasi investasi. Apakah alasannya investasi emas ini dijadikan acuan? Intinya, investasi emas agak berbeda dengan jenis investasi yang lainnya. Nilai emas akan semakin bertambah tanpa harus melakukan apapun, berbeda dengan investasi lain yang memerlukan berbagai improvisasi agar mendapatkan keuntungan yang maksimal. Bahkan sang investor akan semakin mendapatkan keuntungan yang besar, semakin lama dia menyimpan emas tersebut.

Pada dasarnya, kebanyakan orang yang melangkah di jalan investasi emas adalah karena investasi ini memiliki kekurangan yang hampir dapat dipastikan tidak ada sama sekali. Kecuali jika Anda membeli emas palsu. Ini benar-benar kerugian untuk Anda. Anda mungkin kembali menanyakan apakah investasi emas masih menjadi pilihan berinvestasi? Ya, tentu saja jawabannya masih ya. Namun Anda perlu waspada serta teliti dalam menjalankan investasi ini. Semakin banyak saja oknum-oknum tidak bertanggungjawab yang mencampur emas murni dengan jenis logam tertentu agar berat dari emas tersebut lebih berat. Jika Anda ingin melakukan transaksi beli ataupun jual emas, salah satu tempat yang paling terpercaya adalah pegadaian.

Jawaban ya masih berlaku untuk pertanyaan apakah investasi emas masih menjadi pilihan berinvestasi? Sayangnya hal ini tidak menutup kemungkinan jika suatu saat bisnis investasi emas ini akan menurun. Hal ini bisa saja terjadi jika permintaan akan emas lebih banyak daripada hasil pertambangan yang akan diproduksi. Maka dari itu, jangan hanya menjadikan emas sebagai salah satu investasi andalan Anda. Coba variasikan dengan jenis investasi lainnya seperti investasi properti atau investasi saham. Lebih baik jadikan emas sebagai pegangan Anda untuk hari tua Anda nantinya. Selain itu, emas juga dapat dijadikan sebagai warisan yang kelak bisa Anda berikan untuk kelancaran masa depan anak Anda.