Apakah Investasi Emas Bebas Pajak?

By on March 1, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 284 kali

Investasi Emas – Apakah investasi emas bebas pajak? Tentu ini menjadi pertanyaan sebagian besar orang yang ingin menginvestasikan uangnya dengan membeli emas. Memang investasi emas cukup digemari sebagian besar masyarakat Indonesia, tidak hanya di kota tapi juga di pedesaan. Ini dikarenakan harga emas yang memiliki kecenderungan naik dari tahun ke tahun. Apabila harga jual emas lebih tinggi daripada harga beli tentunya memberikan keuntungan yang berlipat ganda.

Keuntungan Berinvestasi Emas

1.   Mudah dicairkan
Berbeda dengan jenis investasi lainnya, emas lebih mudah dicairkan. Pemilik emas bisa sewaktu-waktu menukarkan emas yang dimiliki dengan uang tunai dengan cepat dan mudah. Dengan demikian, emas lebih fleksibel dibandingkan bentuk investasi lainnya.

2.   Bebas pajak
Menjawab pertanyaan di atas, apakah investasi emas bebas pajak? Ya, investasi emas tidak terkena pajak. Berbeda dengan investasi dalam bentuk saham di suatu perusahaan tertentu. Keuntungan yang diperoleh dari nilai saham tersebut tidak dapat dinikmati langsung oleh pemilik saham. Sebab dalam setiap keuntungan yang diperoleh, ada potongan pajak yang harus dibayar. Selain itu, bentuk profit saham bukan berupa uang tunai, namun tambahan lembar saham dari perusahaan. Itu sebabnya memilih investasi emas lebih menguntungkan daripada investasi lainnya.

3.   Melindungi nilai kekayaan
Kelebihan emas adalah nilainya yang selalu naik setiap tahunnya. Kecenderungan ini membuat emas sangat cocok menjadi investasi, karena mampu melindungi nilai kekayaan seseorang. Ini disebabkan harga jual emas yang selalu tinggi, jadi pemegang investasi selalu mendapatkan keuntungan saat menjualnya di kemudian hari.
Meskipun investasi emas menawarkan sesuatu yang menguntungkan, tapi selalu ada kelemahan. Karena banyaknya orang yang ingin berinvestasi, maka banyak yang memanfaatkan kesempatan ini. Beberapa pihak yang tidak bertanggungjawab seringkali menipu calon korban dengan kedok investasi emas. Oleh sebab itu, perlu kewaspadaan sebelum memutuskan berinvestasi emas dengan sistem trading emas secara online. Pelajari dulu track record perusahaan dan cari informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan trading tersebut.

Kelemahan Investasi Emas

  • Risiko kehilangan yang tinggi
    Menyimpan emas batangan dalam jumlah besar tentunya sangat berisiko. Apalagi dengan berbagai kejadian perampokan yang banyak terjadi akhir-akhir ini. Jadi sebaiknya tidak menyimpan emas terlalu banyak di rumah. Beberapa orang yang kuat secara finansial akan menyewa safe deposit box pada bank untuk menjaga keamanan. Tapi tentunya Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkan fasilitas ini.
  • Harga emas fluktuatif
    Meskipun emas memiliki kecenderungan harga yang selalu naik, namun dalam perjalannya tidak selalu terjadi demikian. Kadang-kadang harga emas di pasaran anjlok, karena sebab-sebab tertentu. Ketidakpastian harga ini membuat investor sulit menghitung besaran investasi emas di masa mendatang. Apalagi jika nilai investasi emas Anda sangat besar, tentunya akan sangat mempengaruhi nilai profit yang akan didapatkan.
  • Merupakan investasi jangka panjang
    Bagi Anda yang berniat investasi dalam waktu cepat, tidak cocok untuk berinvestasi logam mulia. Fluktuasi harga emas menyebabkan investor harus menunggu dalam jangka waktu tertentu untuk benar-benar menikmati hasil investasi.

Untuk mengantisipasi kerugian yang muncul akibat kurang tahunya pengetahuan soal investasi emas. Anda memang harus memahami keunggulan dan kekurangan investasi jenis ini. Setelah memahami benar berbagai risiko yang akan muncul, baru Anda putuskan untuk meneruskan investasi ini atau memilih investasi lain. Lalu mengenai pajak Anda tidak perlu memikirkannya, sehingga keuntungan investasi emas bisa lebih dinikmati. Jadi, apakah investasi emas bebas pajak? Tentu saja “ya”.

Incoming search terms:

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty