Apa Saja Kesalahan dalam Berinvestasi Emas?

By on December 8, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 294 kali

Investasi Emas – Kesalahan dalam berinvestasi emas tentu harus Anda hindari. Sebab emas sampai saat ini masih menjadi aset yang menguntungkan untuk berinvestasi. Kebanyakan orang tua di zaman dulu senang untuk membeli emas sebagai salah satu bentuk berinvestasi, tetapi seiring berkembangnya zaman terdapat banyak instrumen investasi baru, seperti saham, obligasi, deposito dan lainnya.

Emas yang harga ditentukan oleh pasar dunia ini memang masih menarik orang-orang berinvestasi. Tetapi Anda harus berhati-hati ketika memutusakan berinvestasi dengan emas sebab investasi ini sangat menguntungkan jika dilakukan dalam jangka waktu panjang sekitar 3 hingga 5 tahun dan emas di investaskan tidak lebih dari 10 hingga 15 persen dari total investasi Anda di tahun 2015. Sebab jika suku bunga bank sentral Amerika Serikat The Fed naik, maka dollar AS akan menguat sehingga harga emas terun. Selain itu, ada beberapa kesalahan dalam berinvestasi emas lainnya

Fisik emas

Seperti juga produk lainnya yang dijual melalui internet, emas juga diperjualbelikan secara online. Namun, untuk investasi yang satu ini Anda dilarang melakukan pembelian via internet. Sebab investasi yang satu ini mengharuskan Anda untuk memiliki fisiknya. Untuk itu lakukan transaksi secara langsung dengan penjual, dan jangan pernah tergiur dengan keuntungan berlipat-lipat atau potongan harga dan lain sebagainya.

Bentuk emas

Anda tentu mengetahui bahwa emas yang dijual dipasaran, ada yang berbentuk batangan dan perhiasan. Namun, keduanya memiliki plus minusnya masing-masing. Yang perlu dicatat adalah jika Anda ingin berinvestasi jangka panjang, sebaiknya hindari membeli perhiasan emas. Sebab selain kadar dan berat emas, biasanya biaya pembuatan perhiasan juga dihitung ketika membeli dan menjual. Selain itu, model atau desain perhiasan emas berubah dari waktu ke waktu.

Untuk itu, daripada berisiko kerugian yang lebih besar, sebaiknya Anda membeli logam mulia murni standar 99.99 persen yang produksi dan bersertifikat PT Aneka Tambang. Anda bisa membelinya di  PT Antam atau butiknya langsung, pegadaian atau toko emas yang memiliki sertifikat asli Antam.

Ukuran emas

Ukuran emas batangan yang dijual saat ini mulai dari 5 gr hingga 1 kg. Jika Anda memiliki banyak uang, tentu membeli yang berukuran besar akan jauh lebih menguntungkan karena harga dal hitungan gram akan menjadi lebih murah.

Tetapi yang perlu Anda perhitungkan selain modal yang banyak untuk membeli emas berukuran besar, kemudahan emas berukuran besar untuk dijual juga patut dipertimbangkan.Sebab emas batangan yang berukuran besar biasanya  jauh lebih sulit untuk dijual. Untuk itu Anda perlu memperhitungkan ukuran emas yang akan dijadikan sebagai elemen investasi Anda.

Penyimpan emas

Sebagai aset berharga emas harus diperlakukan dan dijaga dengan baik. Untuk itu, Anda tidak bisa menyimpannya disembarang tempat, sebaiknya simpan di tempat yang kering dan aman, bahkan jika dirasa perlu Anda bisa menyimpan emas di safety box yang disewakan bank atau menitipkannya di pegadaian.

Waktu  menjual dan membeli emas

Harga emas yang ada dipasaran dipengaruhi oleh perekonomian dunia, sehingga harga emas biasanya fluktuatif. Untuk itu harus bisa memperkirakan kapan waktu terbaik untuk menjual dan membeli emas. Secara sederhana, Anda bisa membeli emas ketika harganya sedang turun, dan menjualnya ketika harganya sedang melambung tinggi.

Cara pembelian

Membeli emas bisa dilakukan secara tunai, maupun angsuran. Namun yang perlu Anda catat bahwa emas sebagai elemen investasi jangka panjang yang diangsur pembeliannya akan membuat Anda terikat untuk menjual atau membelinya. Semoga informasi tersebut membuat Anda terhindar dari kesalahan dalam berinvestasi emas.