Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas

By on February 4, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 214 kali

Investasi Emas – Kelebihan dan kekurangan investasi emas sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu, sebelum mengambil keputusan, hal ini penting agar Anda bisa menakar keuntungan yang bisa Anda peroleh dan mengantisipasi kekurangan yang akan di hadapi. Selain itu Anda juga bisa berbagi informasi yang bermanfaat pada teman, sahabat dan keluarga yang mungkin juga tertarik untuk berinvestasi emas.

Keadaan perekonomian Indonesia saat ini tidak terlalu kondisif, seiring dengan peningkatan BI Rate sebagai akibat dari inflasi yang terjadi tahun ini akibat berbagai hal, baik karena kondisi ekonomi global, maupun karena kondisi politik dan ekonomi dalam negeri sendiri. Kenyataan ini membuat sebagian besar orang mulai mengalihkan investasi mereka dengan membeli emas logam, batangan ataupun perhiasan emas. Meskipun sebenarnya untuk produk investasi lebih baik memilih emas batangan, namun bagi sebagian wanita yang menyukai kilauan emas, memilih untuk membeli perhiasan emas, yang bisa jadi barang investasi sekaligus bisa digunakan untuk membuat penampilan menjadi lebih elegan, anggun dan cantik.

Kelebihan Berinvestasi Emas

Berikut ini beberapa kelebihan berinvestasi emas yang penting untuk Anda ketahui, yaitu :

  • Berinvestasi emas dalam jangka cepat atau lama tidak akan terkena pajak dan tidak terlalu terpengaruh dengan inflasi
  • Nilai atau harga emas dari waktu ke waktu cenderung mengalami kenaikan, bukan hanya karena pengaruh mata uang dollar US, akan tetapi karena perubahan harga minyak bumi dan barang pertambangan
  • Investasi emas termasuk dalam golongan investasi Low-Risk (beresiko rendah), karena berada dalam kekuasaan Anda sepenuhnya, mudah dijual atau digadaikan, bahkan bila benar-benar membutuhkan uang, Anda hanya perlu ke toko emas, pegadaian, atau Bank Syariah terdekat.
  • Pembelian dan penjualan emas tidak dikenakan potongan pajak
  • Bila pemilik emas menggunakan safety box di Bank untuk menjaga keamanan batangan emas miliknya, maka Bank akan memberikan jaminan atau asuransi ganti rugi bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga Anda tidak akan rugi.

Kekurangan Berinvestasi Emas

Setelah mengetahui beberapa kelebihan berinvestasi emas, maka berikutnya adalah mengetahui kekurangannya, diantaranya adalah  :

  • Umumnya saat Anda memutuskan untuk menjual emas atau logam mulia Anda di toko emas, maka keterangan tentang dasar harga yang diberikan cenderung tidak terbuka karena umumnya toko emas juga mempertimbangkan tentang investasi selanjutnya.
  • Standar perhitungan emas antara toko emas, pegadaian dan Bank Syariah memiliki sedikit perbedaan, karena itu pemilik emas terkadang harus menerima berapapun hasil perhitungan nilai yang diberikan, apalagi disaat benar-benar membutuhkan uang.
  • Untuk menyimpan emas yang beratnya diatas 1 kilogram, dibutuhkan tempat yang khusus, agar terjamin aman. Biasanya pemilik emas akan menggunakan brankas untuk menyimpannya, atau bisa juga menyimpannya di Pegadaian atau di safety box Bank.
  • Emas lebih cocok untuk investasi jangkan panjang.
    Salah satu investasi emas yang saat ini sedang populer dimasyarakat adalah pembelian emas batangan di PT. Antam atau membeli emas di Pegadaian pada saat sesi lelang. Saat ini di Pegadaian juga sudah meluncurkan program pembelian emas dengan cara tunai dan kredit.

Semoga uraian diatas dapat memberikan tambahan informasi dan memberikan solusi terbaik bagi Anda yang saat ini masih ragu dan bimbang untuk memutuskan akan memilih jenis investasi apa yang paling menguntungkan. Informasi tentang kelebihan dan kekurangan investasi emas diatas juga bisa Anda sharing atau bagikan dengan teman, sahabat dan keluarga.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty