Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas?

By on October 24, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 491 kali

Investasi Emas – Dalam berinvestasi emas, kita tentu harus mengetahui bahwa emas merupakan barang memiliki nilai dan tak lepas dari fluktuasi atau perubahan harga. Oleh karena itu, perlu diketahui apa saja faktor yang mempengaruhi harga emas. Hal ini penting diketahui oleh Anda yang ingin berinvestasi dalam bentuk emas.

1. Perubahan Kurs
Faktor perubahan kurs menjadi faktor yang paling utama dalam mempengaruhi harga emas. Perubahan kurs ini terjadi jika melemahnya kurs dollar AS yang akan mendorong kenaikkan harga emas. Turunnya harga emas adalah ketika tingkat suku bunga naik, maka orang akan lebih menyimpan uang dalam bentuk deposito yang berbunga daripada emas. Sedangkan emas naik nilainya saat kurs dollar AS turun. Faktor yang mempengaruhi harga emas karena kurs dollar As pernah terjadi di Indonesia tahun 1998. Pada tahun itu, nilai rupiah merosot tajam terhadap dollar AS, lalu pemerintah menaikkan tingkat suku bunga secara signifikan agar nilai tukar rupiah naik. Akibatnya, tingkat suku bunga naik, tapi harga emas juga naik.

2. Supply and Demand
Faktor yang mempengaruhi harga emas selanjutnya adalah faktor supply and demand (permintaan dan penawaran). Hal ini sebenarnya mudah ditebak. Ketika peminat emas meningkat, maka secara otomatis harga emas semakin mahal, sebaliknya ketika peminat emas menurun maka harga akan turun.

3. Faktor Ekonomi
Ini merupakan efek dari meningkatnya pertumbuhan ekonomi dari sebuah negara. Harga emas di sebuah negara akan meningkat apabila negaratersebut mengalami kenaikkan dalam hal pertumbuhan ekonomi. Kenapa? Ketika munculnya golongan kelas menengah baru, maka membeli emas sebagai benda perhiasan meningkat. Hal inilah yang menjadikan harga emas.

4. Kondisi Politik Dunia
Tak ayal, kondisi politik di dunia menjadi faktor yang mempengaruhi harga emas dunia. Untuk Anda yang menjadi investor emas, Anda harus sering melihat berbagai berita yang menyangkut politik dunia, karena jika Anda tidak update terhadap berita ini maka Anda harus siap-siap emas yang Anda investasikan ternyata turun nilainya. Tapi apa benar kondisi politik dunia menjadi faktor yang mempengaruhi harga emas dunia? Mari kita lihat. Pada tahun 1980-1989 terjadi ketegangan politik dunia antara Iran dan Amerika, lalu AS dengan Timur Tengah. Ketegangan politik ini menciptakan kondisi ekonomi dunia yang tidak stabil dan tentu saja menyebabkan harga emas naik.

Jadi, setelah melihat faktor yang mempengaruhi harga emas mulai dari faktor kurs sampai kondisi politik dunia, maka Anda tetap harus berhati-hati dalam investasi emas agar keuntungan yang ingn Anda dapatkan dari investasi emas tetap maksimal. Selain itu, dalam menginventasi harta Anda dalam bentuk emas, pilihlah badan atau instansi yang bisa menjamin emas Anda aman.

Incoming search terms:

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty