Apa Saja 6 Faktor Penentu Pergerakan Harga Emas di Masyarakat

By on August 25, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 278 kali

Investasi Emas – Penentu pergerakan harga emas terkait fluktuasi harga yang terjadi dalam sebuah negara perlu diketahui oleh para masyarakatnya, sehingga memudahkan mereka ketika ingin menanam investasi di bidang emas. Hingga kini, emas masih menjadi salah satu komoditi investasi yang menguntungkan ketika masyarakat mampu melihat peluang untuk waktu penjualan emas yang tepat. Berikut adalah beberapa faktor yang mendasari pergerakan harga emas.

Situasi sosial, politik, ekonomi dalam negeri

Labilnya situasi sosial, politik, dan ekonomi dalam suatu negara umumnya juga mempengaruhi naik turunnya harga emas dimana ketika situasi politik sedang memanas karena pilkada atau pemilihan presiden misalnya harga emas dapat menjulang tinggi karena banyaknya permintaan.

Perubahan kurs

Tahukah Anda bahwa emas memiliki hubungan korelasi negatif dengan kurs Dollar? Ketika harga Dollar naik maka harga emas akan turun, sebaliknya ketika harga emas naik maka dapat dipastikan nilai tukar Dollar sedang berada di titik lemahnya. Hal ini karena kurs mata uang Dollar termasuk salah satu kurs mata uang yang dianut untuk kegiatan ekonomi secara global.

Jumlah produksi emas

Salah satu faktor yang juga mempengaruhi fluktuasi harga emas adalah jumlah produksi emas secara keseluruhan di dunia. Beberapa negara penghasil emas utama seperti Afrika Selatan, China, Amerika Serikat, dan Australia dari tahun ke tahun mampu memproduksi sekitar 2,5 ton emas namun jumlah tersebut masih dianggap belum dapat memenuhi kebutuhan akan emas sebagai bahan utama produksi perhiasan di seluruh dunia. Hal inilah yang menyebabkan harga emas naik hingga ke taraf tidak stabil atau tidak dapat terprediksi akibat dari jumlah permintaan dan penawaran yang juga selalu bervariasi tiap tahunnya. Hal lain yang mempengaruhi tingkat produksi emas adalah kesulitan yang seringkali dialami para penambang emas dimana emas yang merupakan sumber daya alam tak terbarui ini sulit didapat di area yang sudah sering ditambang sehingga tak jarang para penambang emas harus menemukan lokasi baru untuk emnambang emas.

Angka permintaan dan penawaran

Faktor penentu pergerakan harga emas lainnya adalah fluktuasi angka penawaran dan permintaan yang merupakan satu kesatuan dalam sebuah prinsip ekonomi. Ketika makin banyak penawaran dan permintaan yang dilakukan masyarakat akan emas sebagai komoditi barang berharga maka harga emas yang dijual di pasaran pun akan semakin meningkat karena persediaan emas murni yang ada di pasaran menipis.

Laju inflasi

Inflasi adalah suatu peristiwa ekonomi dimana harga sebuah komoditi barang berharga naik terus menerus karena terlalu banyak permintaan. Inflasi biasanya muncul ketika kebijakan ekonomi yang diambil oleh pemerintah untuk mengatasi permasalahan tertentu seperti ekspor impor barang atau perkara lain terkesan meleset, sehingga pada akhirnya harga barang tertentu seperti emas turun secara drastis. Ketika harga emas turun, banyaknya permintaan dan penawaran yang tidak sebanding dengan persediaan barang akan meningkatkan harga emas. Hal tersebut didukung dengan kebiasaan dalam masyarakat yang lebih senang membeli emas untuk disimpan dan akan ditransaksikan ketika harga emas naik.

Kenaikan harga minyak dunia

Ketika harga minyak dunia naik karena minimnya produksi maka secara tidak langsung harga emas juga akan naik. Hal tersebut terjadi sebagai efek inflasi yang meleset dari prediksi pemerintah, inflasi tersebut menyebabkan banyak orang yang memburu emas untuk disimpan sebelum nantinya dijual kembali karena sebab lain seperti situasi politik ekonomi negara yang sedang bergejolak atau karena perubahan kurs Dollar terhadapa mata uang pemerintah. Semoga bahasan diatas akan semakin menambah pengetahuan Anda tentang penentu pergerakan harga emas.