Apa Perbedaan Trader dan Investor?

By on March 2, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 246 kali
Trader Forex Berhasil

Investasi Saham – Apa perbedaan trader dan investor? menjadi pertanyaan umum masyarakat yang hendak berinvesatsi. Investor merupakan orang yang memiliki sejumlah modal atau yang menanamkan modalnya pada perusahaan yang melakukan emisi. Para investor umumnya melakukan penelitian dan analisis-analisis tertentu yang mencakup tingkat kepercayaan perusahaan, prospek usaha emiten dan analisis pendukung lainnya sebelum mereka membeli surat-surat berharga yang ditawarkan.

Sama seperti halnya emiten yang memiliki tujuan dalam menjual surat-surat berharga, para investor juga memiliki berbagai tujuan. Investor yang beraktivitas di pasar modal biasanya terdiri dari aneka latar belakang dengan aneka tujuan pula. Tidak seperti investor, trader merupakan sebutan untuk orang yang menggeluti dunia perdagangan liquid tapi menyasar sentimen dan kondisi pasar.

Bagi Anda yang ingin berinvestasi saham pasar saham, Anda harus menentukan apakah mau jadi trader atau investor. Salah satu pembeda utama antara trader dan investor ialah jangka waktu investasi dan imbas untung rugi. Trader melakukan jual beli saham dalam jangka pendek dengan konsekuensi untung-rugi yang sama besarnya, sementara investor melakukan jual beli dengan ketentuan jangka panjang dengan resiko minimal dan keuntungan tidak sebesar para trader.

Tipikal investor

Semua bentuk investasi pasti memiliki resiko baik itu berupa deposito maupun saham. Investor adalah mereka yang menaruh dananya melalui instrumen investasi yang bersifat jangka panjang. Biasanya investor terlibat dalam investasi perumahan (real estate), industri kecil hingga besar, atau investasi di pasar komoditi. Seorang investor memiliki pengetahuan seputar tingkat kepercayaan sebuah perusahaan serta focus pada jenis usaha yang digelutinya.

Ada beberapa penggolongan investor diantaranya investor institusi seperti bank, lembaga keuangan non-bank, perusahaan asuransi, dan investor retail atau investor perorangan. Mereka yang serius dengan rencana dan strategi investasi yang canggih dan matang akan bisa menuai sukses besar. Adapun tipikal investor perorangan dalam dunia investasi:

  • Tidak adanya kejelasan mengenai rencana bila suatu saat hasil investasinya justru tidak member keuntungan. Imbasnya, investor perorangan akan beralih ke instrument investasi lainnya.
  • Kecemasan berlebih bila menghadapi perubahan harga pasar. Misalnya seseorang yang telah memilihinvestasi emas tentu saja akan merasa khawatir ketika harga emas turun.

Tipikal trader

Trader tidak menggeluti produk investasi tapi menyasar sentimen dan kondisi pasar. Aktivitas seorang trader di pasar saham sangat dipengaruhi oleh sentimen pasar terhadap perusahaan yang dipilihnya berinvestasi. Jika sentimen pasar terhadap perusahaan tersebut semakin positif, maka biasanya trader akan cepat membeli dan menjualnya kembali dengan harga tinggi. Trader juga berpatokan dengan kondisi pasar. Apabila pasar saham dilanda drop karena situasi politik domestic, maka seorang trader biasanya non-aktif untuk sementara waktu hingga kondisi pasar kembali normal.

Transaksi seorang trader pun bersifat jangka pendek dengan aktivitas transaksi yang sangat tinggi baik di pasar saham maupun futures. Trader memiliki metodologi kunci dalam menghadapi berbagai kemungkinan dalam transaksi sehingga pada umumnya mereka tidak khawatir dengan situasi perihal aktivitas pasar. Teknik yang dimiliki para trader diarahkan pada kondisi tertentu untuk meminimalisir kerugian dan mempertahankan keuntungan.

Dengan memahami seluk-beluk dunia trading dan varian invetasi lainnya, maka anda dapat memutuskan secara matang untuk berprofesi baik sebagai trader maupun investor. hal yang jauh lebih penting disadari ialah kondisi financial dan ketahanan anda dalam menggeluti dunia investasi tersebut. Tentu saja ada perbedaan secara prinsip mengenai metodologi seorang trader dan investor. Hasil investasi tentu saja menjadi tolok ukur dari apa perbedaan investor dan trader?

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty