Apa Perbedaan Saham dan Stock Index?

By on March 29, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 231 kali

Investasi Saham – Apa perbedaan saham dan stock index? Berapa dari Anda mungkin akan merasa bingung membedakan apa itu saham dan apa itu stock index. Kedua istilah itu termasuk beberapa istilah yang biasanya digunakan dalam investasi pasar modal. Sebetulnya selain kedua istilah tersebut masih ada beberapa istilah lainnya seperti forex, indeks, dll. Namun yang biasnya paling sering digunakan untuk pasar saham adalah saham dan stock indeks.

Apa itu saham

Apa itu saham, saham adalah sebuah nilai financial yang dimiliki oleh sebuah perusahaan yang akan diperjual belikan secara bebas di pasar bursa. Saham sendiri mempunyai beberapa jenis seperti :

– Saham biasa
Yang dimaksud dengan saham biasa adalah saham yang dimiliki oleh sebuah perusahaan, biasanya pemilik saham terbesar adalah dewan direksi dari perusahaan tersebut. Beberapa orang yang memegang saham biasanya akan ikut serta dalam rapat-rapat yang diselenggarakan oleh si pemilik perusahaan.
Adapun karakteristik dari sebuah saham biasa adalah hak pemegang saham utama biasanya dimiliki oleh dewan komisaris, hak saham akan terlebih dahulu diberikan pada penerbit saham baru, dan tanggung jawab biasasnya hanya pada beebrapa orang tertentu.

– Saham preferen
Yang dimaksud dengan saham preferen adalah adanya hak istimewa dama sebuah pembayaran dividen dibandingkan saham biasa.

Adapun karakteristisk dari saham preferen ini adalah karakteristik yang akan diterbitkan berbeda-beda, mempunyai prioritas yang lebih tinggi daripada saham biasa, konvertasbilitas yang dapat ditukar dengan saham biasa, dividen kumulatif dapat dibayarkan pada periode yang berjalan, dll.

Trading menggunakan saham biasanya cenderung satu arah, yaitu buy, dan jika Anda ingin mendapatkan salah satu saham tertentu tentunya Anda harus mennunggu hingga harga saham tersebut mengalami penurunan.
Keuntungan trading di bidang ini, adalah keuntungannya yang lebih besar dan system pembayaran juga 100%, yang menjadi kekurangan akan saham adalah, resiko yang tidak dapat dimminimalisir dan sensitive terhadap berita tertentu.

Apa itu stok indeks

Yang dimaksud dengan stock indeks adalah kumpulan atau gabungan nilai saham rata-rata yang ada disebuah bursa tertentum dan biasanya saham-saham tersebut tergabung dalam bursa saham unggulan atau disebut juga dengan istilah saham blue chips. Ada beberapa keuntungan dan kerugian ketika Anda menggunakan dan trading di stock indeks ini.

Adapun keuntungan yang akan didapat ketika bergabung dalam stock indeks adalah memiliki 2 arah transaksi (seperti melakukan buy dan sel sekaligus, karena kedua arah ini membuat Anda mendapatkan untung, jika dilakukan dengan benar), proses liquiditas yang tinggi karena selalu akan ada pembeli dan penjual. Keuntungan lainnya adalah keuntungan dapat ditarik kapan saja, asalkan sesuai dengan jam kerja. Dapat meminimalisir resiko kerugian, pastinya hal ini akan menguntungan trader dan juga pada investor. Para trader juga dapat menggunakan lot yang disesuaikan dengan modal yang ada. Trading di stock indeks ini memang tidak terlalu sensitive terhadap 1 berita saja. Keuntungan terakhir adalah adanya komisi yang cenderung kompetitif.

Kerugian ketika bergabung dalam stock indeks adalah Anda harus berhati-hati dalam memilih perusahaan atau broker yang terpercaya, agar dana atau uang yang diinvestasikan aman.

Itulah beberapa perbedaan yang perlu Anda ketahui tentang saham dan stock indeks. Kedua istilah atau hal ini adalah yang paling sering digunakan dalam sebuah bursa saham indeks. Dengan demikian apakah Anda sudah mengerti perbedaan saham dan stock index?.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty