Apa Keuntungan Trading CFD Bagi Para Investor?

By on August 24, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 411 kali

Investasi SahamApa Itu CFD?

Sebelum mengetahui apa saja keuntungan trading CFD , ada baiknya kita mengetahui pengertian dari CFD itu sendiri. CFD adalah kepanjangan dari Contract For Difference, yang merupakan penjanjian antara kedua belah pihak, yaitu antara penjual dan pembeli. Dalam hal ini penjual akan membayar kepada pembeli terkait dengan perbedaan nilai aset ketika perjanjian di buat dengan nilai aset yang ada pada saat ini. Bagi trader dan investor, CFD sudah tidak asing lagi karena dapat memberikan banyak keuntungan.

Anda dapat melakukan transaksi saham di CFD saham. Dalam transaksi CFD saham, Anda tidak perlu memiliki bentuk fisik dari saham itu sendiri. Dengan begitu seorang investor dapat melakukan transaksi jual dan beli saham sebuah perusahaan yang ada di bursa saham.

Keuntungan Trading CFD

Ada berbagai keuntungan trading CFD yang bisa didapatkan. Dalam memanfaatkan trading CFD, trader atau investor memiliki dua tujuan utama, yaitu diversifikasi dan hedging. Apa itu diversifikasi dan hedging? Berikut ini penjelasannya.

1. Diversifikasi
Selain dapat digunakan dengan laverage yang tinggi, CFD juga dapat digunakan untuk diversifikasi risiko. Pembelian saham di bursa secara konvensional biasanya tidak ada unsur laverage. Karena tidak ada unsur lavergae, modal yang digunakan untuk membeli biasanya hanya dapat digunakan untuk membeli jumlah saham yang senilai dengan modalnya. Karena CFD dapat digunakan dengan laverage yang tinggi, Anda dapat menggunakannya untuk merancang portofolio 5-20 CFD saham, dan modal yang digunakan juga setara dengan modal satu kali transaksi saham.

2. Hedging
Bagi portofolio saham Anda, CFD dapat menawarkan peluang hedging yang sempurna. Terdapat hubungan yang erat dari segi kuantitas dan harga antara CFD dengan saham. Untuk melindungi nilai saham agar tidak terpengaruh dengan fluktuasi yang terjadi, Anda memerlukan posisi yang berlawanan. Ketika arah pergerakan pasar sudah jelas, Anda dapat melepaskan hedging.

Selain tujuan utama tersebut, ada juga keuntungan-keuntungan CFD:
· Dengan CFD, Anda memiliki kemampuan mengambil posisi long dan short. Jika ingin membuka posisi short, tidak diperlukan persyaratan penjualan tambahan atau persyaratan margin yang berbeda untuk mengambil posisi long. Karena saham tersebut belum benar-benar dijual atau dibeli, maka tidak ada biaya pinjaman mengenai hal tersebut.
· Kemampuan menggunakan laverage tinggi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, laverage di CFD lebih besar daripada melakukan transaksi pada umumnya. Dengan kemampuan untuk menggunakan laverage, Anda bisa melakukan transaksi dengan jumlah yang lebih besar dan dengan modal yang sedikit daripada transaksi seperti pada umumnya.
· Keterbukaan akan pasar saham. Anda bisa melakukan akses pasar lebih mudah karena tidak ada batasan ketat mengenai persyaratan margin.
· Tingginya kecepatan eksekusi. Penundaan dapat dihindari karena CFD memiliki kecepatan eksekusi yang tinggi.
· Walaupun kondisi pasar sedang buruk, CFD masih memungkinkan Anda untuk mendapatkan profit. Kemampuan dalam mengambil posisi short yang mudah seperti pengambilan posisi long, memungkinkan para trader untuk tidak terpengaruh oleh keadaan pasar yang sedang menurun, karena para trader dapat bertindak sesuai dengan keadaan yang sedang terjadi.

Itulah berbagai keuntungan dari trading CFD. Dalam melakukan transaksi, Anda harus selalu memperhatikan waktu tradingnya. Waktu saham-saham yang ada di bursa efek akan sangat mempengaruhi waktu trading untuk CFD.
Setelah melihat berbagai keuntungan trading CFD seperti di atas, apakah Anda tertarik untuk melakukan transaksi?